Manfaat Buah Kiwi untuk Mendukung Program Diet

Memiliki bentuk badan yang ideal merupakan salah satu keinginan dari semua orang, tidak hanya wanita namun juga pria. Namun, kesibukan sehari-hari dan memakan makanan yang tidak teratur dan tidak melihat nilai gizi serta kurangnya olahraga, membuat tubuh menjadi berkembang tidak sesuai dengan keinginan dan tidak jarang orang mengalami obesitas. Obesitas tersebut dapat mempengaruhi timbulnya penyakit pada tubuh misalnya diabetes.

Manfaat Buah Kiwi untuk Mendukung Program Diet

Salah satu buah yang dapat digunakan sebagai pendamping atau baik dikonsumsi untuk diet adalah buah kiwi. Buah ini merupakan sejenis buah beri yang memiliki nama adal Gosberi Cina. Buah tersebut memiliki bentuk oval dengan besar kira-kira sebesar sebutir telur ayam atau berdiameter 4.5-5.5 cm. Buah tersebut memiliki kulit berwarna hijau kecoklatan dengan warna hijau terang dengan biji kecil hitam pada daging buahnya.

Kandungan buah kiwi
Buah kiwi terkenal memiliki kandungan vitamin C terbesar bila dibandingkan dengan buah lainnya. Kandungan dalam buah tersebut per 100 gram diantaranya mengandung protein sebesar 0,99 gr, air 83,05 gr, karbohidrat dan kalori sebesar 14,88 gr dan 61 kcal, abu dan lemak sebesar 0.64 gr dan 0.44 gr. Kandungan vitamin dalam buah ini adalah 75 mg, 9 mcg-175 IU. Kandungan mineral di dalamnya diantaranya yaitu fiber (3.4 gr), besi (0.41 mg), kalsium (26 mg). Kandungan lainnya adalah potasium, k (332 mg), phosphorus (40 mg), niacin (0.5 mg), sodium (5 mg), thiamin (0.02 mg), dan riboflavin (0.05 mg).

Manfaat buah kiwi untuk kesehatan
Buah kiwi terkenal sebagai salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat yang di dapatkan tubuh dengan mengkonsumsi buah tersebut, diantaranya yaitu:

• Anti hipertensi karena buah ini mengandung mineral yang dikenal sebagai penurun tekanan darah tinggi, kalium untuk menjaga fungsi otot, gerak reflek syaraf dan dapat membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh.
• Penangkal radikal bebas karena kaya akan antioksidan yang terdapat pada polifenol, karotenoid dan enzim lainnya.
• Kandungan vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
• Mengandung asam folat yang baik untuk wanita hamil agar mencegah kelahiran cacat otak atau saraf tulang belakang pada janin.
• Dapat membantu mengatasi kekurangan zat besi khususnya pada ibu hamil.
• Kesehatan jantung karena kandungan potasium.
• Dapat mengurangi resiko Alzheimer hingga 50%.

Diet dan buah kiwi
Kandungan serat yang tinggi dalam buah kiwi mampu menjaga pencernaan seseorang, contohnya adalah dapat mengatasi kembung dan masalah buang air besar. Namun, ternyata tidak hanya mampu menjaga kesehatan orang yang memakannya, terdapat pula manfaat buah kiwi untuk mendukung program diet sehingga dapat membantu seseorang menjaga bentuk badannya. Kandungan dalam kalori dalam buah kiwi yang mengandung sekitar 61 kkal dalam 100 gr buah, mampu mencukupi kebutuhan kalori untuk tubuh dan bagus untuk menurunkan berat badan.

Kandungan serat tinggi dan memiliki indeks glikemik sebesar 39,3-48,5 yang tergolong rendah, merupakan beberapa alasan buah kiwi cocok untuk diet. Dalam pangan, jika memiliki indeks glikemik rendah makan akan semakin menyehatkan karena tidak meningkatkan terjadinya peningkatan kadar gula secara drastis. Kandungan serat tinggi dapat memberikan rasa kenyang dan menekan nafsu makan. Namun, walaupun berkhasiat untuk menurunkan berat badan, pengonsumsian buah ini harus berimbang dengan makanan yang lainnya. Untuk program diet, dapat mengkonsumsi sebanyak 1-3 buah kiwi setiap harinya dan sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi yang segar.