Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang membahagiakan bagi para pasangan suami istri. Namun selama proses kehamilan tersebut, selalu tersimpan resiko tersendiri bagi sang ibu dan janin di dalamnya. Ada banyak makanan penuh gizi dan juga nutrisi yang harus dipenuhi demi pertumbuhan janin yang baik, demikian pula bagi kesehatan sang ibu sendiri.

Manfaat Buah Markisa untuk Ibu Hamil

Nutrisi dan makanan penting bagi ibu mengandung
Semakin umur kehamilan bertambah, maka semakin banyak pula gizi yang diperlukan. Inilah beberapa nutrisi yang diperlukan ibu mengandung:

• Kalori
Seorang ibu harus mengonsumsi 300-400 kkal dalam sehari. Sumbernya dari umbi-umbian dan hewan.
• Asam folat
Membentuk sistem syaraf dan sel pada janin dan mencegah cacat. Ibu akan memerlukan 400 mikogram/hari. Asam folat bisa didapatkan di buah, sayuran hijau, dan beras merah.
• Kalsium
Untuk pembentukan tulang dan gigi janin, serta mencegah osteoporosis pada ibu. Susu, sayur, dan kacang-kacangan adalah sumber kalsium.
• Protein
Para ibu memerlukan 60 gram/hari untuk membentuk sel dan darah. Kacang-kacangan, tempe, tahu, serta daging adalah sumber protein.
• Vitamin A, C, D
Vitamin A berguna untuk mata, tulang, dan kulit, vitamin C untuk zat besi, sementara vitamin D untuk menyerap kalsium.
• Zat besi
Zat besi berguna bagi para ibu karena membentuk sel darah merah dan mengurangi anemia. Konsumsilah 30 mg/hari.

Seperti sudah terlihat di daftar di atas, nutrisi bisa didapatkan dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang penting dalam masa kehamilan:

- Beras merah
Menurunkan kolesterol, mencegah beri-beri, dan mengandung DHA serta EPA untuk kecerdasan bayi.
- Ikan
Omega-3, mineral, dan protein, semua penting bagi pertumbuhan bayi dan kesehatan ibu.
- Kacang-kacangan
Menjaga tekanan darah, menyuplai asam folat, dan mencegah kecacatan.
- Buah-buahan
Mengandung vitamin dan mineral, semuanya berguna bagi perkembangan bayi.

Markisa bagi wanita mengandung
Buah-buahan sudah diketahui mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi wanita yang sedang mengandung, buah-buahan merupakan bagian pola makan yang penting. Menilik dari sekian banyak buah bagi kandungan, buah markisa merupakan salah satu buah yang sangat berguna. Buah yang dibawa ke Indonesia dari Brazil ini menyimpan banyak kegunaan bagi ibu hamil.

Apa saja manfaat buah markisa untuk ibu hamil yang patut diketahui? Berikut adalah kegunaannya:

• Membantu melancarkan pencernaan, sangat berguna terutama karena wanita mengandung seringkali sembelit.
• Ketika bayi sudah lahir, markisa akan melancarkan produksi ASI.
• Mengandung vitamin C, untuk diolah menjadi kalori sebagai sumber energi.
• Mengandung asam folat, mencegah kecacatan pada janin yang ada di dalam perut.
• Zat besi dalam buah markisa cukup banyak, mencegah terjadinya anemia bagi para ibu dan berguna untuk pembentukan sel darah di bayi.
Antioksidan yang ada di dalamnya juga dapat menangkal radikal bebas, menjaga kondisi kesehatan para ibu dan janin.

Bagaimana cara menggunakan buah markisa ini sendiri? Ada banyak cara untuk mengolahnya, seperti contohnya dibuat untuk menjadi jus. Memakannya secara langsung pun tidak masalah, asalkan sebelumnya telah dicuci dengan bersih terlebih dahulu. Jus markisa sangat menyegarkan, membuat Anda merasa lebih rileks, dan juga sangat mengurangi stress bagi ibu yang hamil.

Bagi para ibu yang sedang mengandung, menjaga kesehatan diri sendiri merupakan hal utama. Jika ibu berada dalam keadaan sehat, otomatis bayi di dalam kandungannya juga akan terjaga, lantaran ada ikatan sangat kuat antara keadaan fisik dan mental ibu dengan bayinya. Mengonsumsi markisa adalah salah satu cara bagi ibu untuk menjaga kesehatan dirinya dan janin di dalam perutnya.