Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Rambut merupakan mahkota wanita yang sangat penting. Banyak kaum hawa yang sangat membanggakan rambutnya yang tebal, panjang, dan mengkilap, dengan warna hitam yang berkilau indah. Rambut yang indah secara otomatis akan menambah nilai penampilan dari sang pemilik rambut itu sendiri, dan merupakan tanda dari tubuh yang sehat. Tidaklah mengherankan jika banyak produk rambut yang beredar di pasaran untuk merawatnya.

Manfaat Buah Mengkudu untuk Rambut

Rambut indah adalah rambut yang sehat
Apakah Anda memiliki rambut yang sehat? Inilah beberapa ciri dari rambut yang terawat dengan baik:

• Kulit kepala yang sehat, bebas dari ketombe, debu, dan kotoran, sehingga menghasilkan rambut yang sehat pula.
• Berkilau karena kutikula di bagian luar rambut memantulkan cahaya.
• Tekstur yang lembut, dan mudah untuk digerakkan.
• Tidak mudah patah ketika disisir, menandakan rambut yang kuat dan sehat.

Tidak semua produk tersebut cocok untuk setiap orang. Semua orang mempunyai jenis rambut yang berbeda-beda, dan apa yang manjur untuk orang lain, belum tentu manjur bagi Anda sendiri. Apalagi dengan menggunakan produk dari bahan kimia, maka efek sampingnya sendiri otomatis akan lebih besar. Karena itu merawat rambut dengan menggunakan bahan alami lebih sering disarankan.

Mengkudu untuk perawatan rambut
Salah satu bahan alami yang sangat disarankan untuk perawatan rambut adalah dengan mengkudu. Buah ini mempunyai bentuk oval, dengan warna kuning kehijauan dan berbercak hitam. Baunya pun tidak begitu enak, menyebabkan banyak orang yang ragu menggunakannya. Padahal, khasiatnya sangat banyak sebagai makanan kesehatan, terbukti dengan banyaknya obat herbal yang menggunakannya. Mulai dari penyakit seperti diabetes sampai dengan masalah kesehatan lain, semua bisa dibantu dengan mengonsumsi buah ini.

Manfaat buah mengkudu untuk rambut sangatlah banyak, dan bisa Anda lihat di daftar berikut ini:

- Menghilangkan ketombe
Anda pasti pernah mengalami masalah ini di rambut Anda, apalagi jika kulit kepala sering kena sinar matahari dan berkeringat. Menggunakan mengkudu matang, diblender, dioleskan ke seluruh bagian kulit kepala, lalu keramas, maka masalah ketombe akan segera hilang.
- Menguatkan rambut
Sering mengalami kerontokan rambut yang cukup parah? Normalnya, orang mengalami kerontokan sekitar 100 helai rambut tiap hari, namun jika lebih dari itu, maka Anda bisa mencampur mengkudu dengan telur bebek, dan diusapkan ke seluruh kepala, diamkan 15 menit, lalu keramaslah.
- Menghitamkan rambut
Rambut yang hitam bersinar tentu sangat menarik penampilan. Anda dapat mempunyainya dengan menggunakan air buah mengkudu, dicampur dengan rebusan daun pandan yang telah didiamkan semalaman. Gunakan ini sebelum keramas secara rutin, dan lihatlah rambut semakin hitam.

Selain mengatasi berbagai masalah rambut tersebut, mengkudu juga sangat berguna bagi kesehatan. Antara lain:

• Mencegah terjadinya penuaan dini karena selenium yang dikandungnya.
• Mengatasi jerawat yang membandel dan tidak segera menghilang, karena kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, dan juga anti-virus di dalamnya, yang mencegah jerawat muncul kembali.
• Sebagai obat untuk pencegah diabetes atau gula darah, dapat juga digunakan untuk membantu mengontrol kadar gula yang tinggi.

Sekarang ini, mengkudu bisa ditemukan di banyak tempat. Mulai dari pasar, penjual obat tradisional, bahkan hingga di supermarket. Khasiatnya yang banyak dan alami, tanpa efek samping yang membahayakan membuatnya sangat populer sebagai buah kesehatan. Meski buahnya mempunyai aroma yang tidak terlalu sedap, namun demi kesehatan rambut dan tubuh, tidak ada salahnya Anda mencoba buah ini, demi kebaikan Anda sendiri.