Manfaat Buah Nanas untuk Diet

Menurunkan berat badan atau lebih dikenal dengan diet ternyata juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung zat penting untuk tubuh serta bisa memberikan efek kenyang pada perut. Seperti kita tahu, Indonesia sangat kaya akan berbagai jenis buah serta tanaman yang terbukti baik untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara yang dilakukan oleh banyak orang, khususnya wanita, untuk menjaga kesehatan adalah menjaga berat badan mereka agar tetap pada kondisi ideal. Karena berat badan berlebih, cenderung memiliki resiko lebih besar pula untuk mengalami gangguan kesehatan.

Manfaat Buah Nanas untuk Diet
Khususnya bagi wanita, menjaga berat badan ideal ini tidak hanya sekedar untuk kesehatan tapi juga menunjang kepercayaan diri mereka. Hampir seluruh wanita pasti mendambakan tubuh yang langsing sehingga mereka bisa bereksplorasi dengan banyak busana, tanpa harus merasa minder. Banyak usaha dilakukan untuk mengurangi berat badan, dimana salah satunya adalah melakukan diet. Salah satu program diet yang sering dilakukan banyak orang adalah dengan menggunakan buah-buahan. Pada artikel ini kita akan mencoba mengupas tentang manfaat buah nanas untuk diet yang sehat.

Mengapa buah nanas?
Mungkin anda merasa heran, kenapa harus buah nanas? Bukankan ada banyak sekali buah seperti pir, apel atau jeruk yang sudah banyak dibicarakan orang tentang keampuhannya. Memang setiap buah tersebut bisa dijadikan sebagai alternatif untuk program diet, namun tidak ada yang memiliki kandungan sehebat dari buah nanas ini dalam hal menurunkan berat badan. Beberapa kandungan yang sangat bermanfaat pada buah nanas seperti:

• Enzim bromelain, enzim ini bisa bekerja pada usus serta lambung untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh sehingga tidak sampai menimbulkan timbunan lemak berlebih serta dapat juga mengontrol nafsu makan,
• Termasuk dalam salah satu makanan katabolik, dimana tubuh memerlukan kalori yang cukup besar untuk mencerna makanan ini, bahkan lebih besar dari kalori yang dihasilkan oleh buah nanas itu sendiri,
Serat dan nutrisi lain yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B6, tembaga serta tiamin dalam buah ini juga akan membantu proses pencernaan sehingga lemak bisa tereksresi dengan baik.

Bagaimana penggunaan buah nanas untuk diet?
Untuk menggunakan buah nanas sebagai sarana menurunkan berat badan, ada dua cara yang bisa digunakan. Keduanya juga bisa menimbulkan efek positif yang sama sehingga tergantung anda lebih menyukai cara pengonsumsiannya. Cara penggunaan buah ini untuk program diet biasanya adalah:

1. Langsung dikonsumsi, tentunya setelah dikupas dan dicuci dengan bersih, buah ini bisa langsung dimakan untuk mendapatkan khasiatnya. Biasanya buah ini sangat tepat dikonsumsi setelah makan siang ataupun malam,
2. Diblender atau dijus, selain rasanya akan lebih segar anda juga bisa berkreasi dengan variasi minuman jus nanas ini. Tambahkan madu atau sedikit susu sebagai variasi agar anda tidak bosan untuk mengkonsumsi jus ini setiap hari.

Peringatan konsumsi
Meskipun buah nanas ini sangat baik untuk kesehatan dan juga dapat membantu program diet anda, namun anda juga harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Pastikan anda mengkonsumsi buah ini setelah perut terisi dengan makanan, khususnya pada pagi hari. Kandungan asam yang tinggi pada buah ini, bisa menimbulkan asam lambung anda bereaksi dengan cepat bila anda memiliki riwayat penyakit maag.

Bagi anda yang masih dalam tahap awal kehamilan, mengkonsumsi buah ini juga tidak dianjurkan karena mungkin mempunyai efek kurang bagus untuk kandungan, meskipun belum ada penelitian lebih jauh terhadap kemungkinan tersebut. Jadi konsumsilah dengan bijak buah ini untuk kesehatan anda.