Manfaat Buah Wortel Bagi Kesehatan Mata

Jaga Kesehatan Mata Dengan Keajaiban Wortel
Mata merupakan bagian dari kelima panca indera yang dimiliki oleh manusia. Mata berfungsi sebagai alat penglihatan yang bisa dibilang nyaris tanpa perlindungan yang memadai. Oleh karena itu sudah tugas kita sebagai manusia yang sehat untuk selalu menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi dengan sempurna dan mencegah gangguan pada mata. Cara untuk menjaga agar penglihatan tetap maksimal adalah dengan tidak melihat sesuatu dari jarak dekat dalam waktu lama. Misalnya menatap komputer terlalu lama tanpa ada jeda bisa menyebabkan otot mata kehilangan kemampuan akomodasinya sehingga sulit melihat objek jarak jauh.

Manfaat Buah Wortel Bagi Kesehatan Mata

Menjaga mata dengan wortel
Selain melatih mata agar tetap berakomodasi dengan baik, banyak mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi akan menyehatkan mata dari dalam. Siapa lagi kalau bukan wortel jagoannya? Makanan pertama yang direkomendasikan untuk kesehatan mata adalah wortel karena kaya akan kandungan betakaroten dan vitamin A nya.  Betakaroten dan vitamin A pada wortel berfungsi untuk mencegah terjadinya rabun senja pada mata dan mengurangi gangguan penglihatan. Rabun senja adalah kondisi di mana seseorang tidak bisa melihat dengan jelas dalam pencahayaan yang kurang.

Dalam sehari rekomendasi jumlah vitamin A yang sebaiknya dikonsumsi oleh orang dewasa adalah 600-700 mg. Setiap 100 gram wortel mengandung vitamin A sebanyak lebih dari 1000 mg, dengan begitu mengkonsumsi wortel setiap hari sudah bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A sehingga mata tetap terjaga fungsinya. Agar tidak bosan wortel bisa digunakan untuk berbagai macam masakan, jus wortel, bahkan makanan penutup seperti pudding dan cake.

Selain wortel, sumber vitamin A yang lain adalah sayuran seperti kobis, dan sayuran berdaun hijau, kuning, atau oranye, dan buah berwarna gelap, meskipun kandungannya tidak sebanyak pada wortel. Produk hewani seperti susu, mentega, keju, hati, ikan, dan kuning telur juga mengandung vitamin A. Tubuh yang kekurangan vitamin A bisa menyebabkan mata menjadi rabun senja, sementara untuk kasus yang lebih parah bahkan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kebutaan total.

Menggunakan wortel untuk kesehatan mata
Ada banyak cara untuk menggunakan wortel sebagai bahan alami agar mata tetap sehat. Beberapa cara untuk mengambil manfaat buah wortel bagi kesehatan mata adalah sebagai berikut:

  1. Jus wortel
Membuat jus wortel sama dengan membuat jus pada umumnya. Wortel yang sudah dikupas lalu dibersihkan dengan air mengalir kemdudian dipotong dan diblender. Pada dasarnya wortel sudah memiliki rasa yang manis, apalagi wortel yang jenis impor. Namun bagi Anda yang masih tidak suka dengan rasa wortel bisa menambahkan madu ke dalam jus agar lebih manis. Jangan gunakan gula pasir karena gula pasir kalorinya tinggi. Minumlah jus wortel rutin setiap hari sebanyak 2-3 kali.

  1. Diparut
Jika di rumah sedang tidak ada blender atau listrik sedang mati, cara ini bisa dilakukan. Wortel yang sudah dikupas dan dicuci kemudian diparut hingga halus. Parutan wortel diperas dengan air hangat kira-kira sebanyak 2 gelas. Air parutan lalu direbus sampai mendidih lalu diminum boleh dalam keadaan masih hangat atau menggunakan es batu.

  1. Direbus
Cara ini hampir sama dengan membuat jus wortel yang membedakan adalah sarinya yang direbus. Ambil beberapa buah wortel yang sudah dikupas dan dicuci kemudian potong kecil-kecil agar mudah diblender. Masukkan wortel ke dalam blender dengan air matang kurang lebih satu gelas. Setelah hancur, rebus wortel yang diblender hingga mendidih dan tersisa setengahnya saja. Saring air rebusan wortel lalu tambahkan madu secukupnya, minum selagi hangat setiap hari agar mata tetap sehat.

Wortel yang dimasak jauh lebih baik dan berkhasiat daripada mengkonsumsi wortel mentah. Banyak orang yang suka makan wortel mentah sebelum dijadikan masakan. Wortel yang mentah masih mengandung banyak kuman dan bakteri yang tidak bisa mati hanya dengan cara dibersihkan. Maka dari itu lebih baik wortel dimasak dengan cara direbus atau dijadikan masakan seperti sop, urak-arik, atau masakan lainnya agar mata tetap sehat tanpa efek samping. Memasak wortel tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup hingga wortel melunak saja. Memasak wortel terlalu lama akan menyebabkan kandungan vitamin A berkurang banyak.