Manfaat Buah Wortel Untuk Kulit

Wortel, Si Oranye Yang Membuat Kulit Anda Bersinar
Wortel bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kulit? Tentu bisa. Pada dasarnya semua jenis sayuran dan buah-buahan bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit baik bagi wanita maupun pria. Buah-buahan dan sayuran memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kulit agar tetap elastis dan mulus. Kesehatan kulit juga dipengaruhi oleh kesehatan sel-sel jaringan dalam tubuh. Rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan akan mengoptimalkan fungsi kerja sel dan melancarkan proses regenerasi sehingga sel-sel kulit yang mati bisa cepat digantikan dengan sel yang baru. Jika sel kulit mati tidak segera dihilangkan bisa menimbulkan masalah pada kulit di antaranya adalah mempercepat munculnya tanda penuaan dini.

Manfaat wortel untuk kulit
Wortel merupakan bahan makanan yang kaya akan zat antioksidan. Antioksidan adalah senjata bagi tubuh untuk melawan serangan radikal bebas. Radikal bebas bisa berasal dari dalam tubuh bisa juga berasal dari luar seperti sinar matahari, polusi, asap kendaraan, asap rokok, pestisida, dan bahan racun lainnya. Radikal bebas menyebabkan sel-sel yang sehat mudah rusak, jika tidak dilawan maka sel akan sulit untuk beregenerasi dan mengakibatkan kulit cepat berkeriput, kusam, kering, dan tidak elastis.
Mengkonsumsi wortel secara rutin bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh, selain itu manfaat buah wortel untuk kulit adalah:

  1. Manfaat Buah Wortel Untuk KulitWortel kaya akan kalium yang bisa mencegah kulit menjadi kering
  2. Antioksidan pada wortel bisa membantu menyamarkan noda dan luka yang membekas
  3. Wortel mengandung banyak air sehingga bisa mencegah kulit dan tubuh mengalami dehidrasi
  4. Mengandung minyak atsiri yang bisa membantu menghilangkan dan mencegah jerawat
  5. Mencegah kulit mengalami peradangan dan mengembalikan warna kulit yang gelap akibat sengatan sinar matahari terus menerus
  6. Wortel mengandung kolagen yang bermanfaat bagi elastisitas kulit agar kulit tetap elastis, kenyal, lembut, dan kencang
  7. Meratakan warna kulit akibat pigmen yang berubah karena sinar matahari
  8. Mencegah masalah pada kulit seperti eksim, dermatitis, ruam, dan lainnya
  9. Karoten pada wortel meningkatkan kekebalan kulit terhadap sinar UV matahari agar tidak mudah terbakar

Memanfaatkan wortel untuk kulit
Memanfaatkan wortel untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mungkin yang paling familiar adalah dengan membuatnya menjadi jus wortel. Selain menjadi jus, Anda juga bisa menghancurkannya dengan cara diparut atau dijadikan sebagai semprotan wajah. Semprotan wajah ini sangat populer di Korea Selatan dengan menyemprotkan mist ke wajah yang mengandung mineral-mineral yang berguna untuk menjaga kecantikan kulit wajah. Anda bisa juga membuatnya hanya dengan wortel.

  1. Untuk melembabkan dan melenturkan kulit
Untuk membuat kulit wajah lebih lembab dan lebih lentur Anda bisa membuat masker dari wortel. Bersihkan 2-3 buah wortel lalu parut. Parutan wortel dicampur dengan 1 sdt susu segar tanpa gula, madu, dan minyak zaitun. Aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan lalu tunggu kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Mengurangi dampak sinar UV
Untuk mengurangi dampak sinar UV yang menyebabkan kulit menjadi keriput dan berubah warna lebih gelap, Anda bisa menggunakan jus wortel sebagai toner atau untuk diminum. Jika Anda biasa menggunakan toner alkohol untuk membersihkan wajah, ganti dengan toner dari jus wortel. Just wortel bisa mengembalikan keremajaan dan kelentural kulit. Sedangkan untuk jus wortel, jika Anda kurang suka dengan rasa wortel bisa ditambahkan dengan madu secukupnya. Wortel sendiri rasanya sudah manis sehingga madu jangan ditambahkan terlalu banyak.

  1. Membuat kulit tampak bersinar
Wortel yang sudah dikupas lalu dibersihkan dan direbus hingga lunak. Wortel yang sudah direbus lalu ditumbuk hingga halus kemudian campur dengan beberapa tetes perasan lemon, 1 sendok teh madu, dan beberapa tetes minyak zaitun virgin. Campuran wortel tersebut kemudian diaplikasikan di seluruh wajah dan leher kemudian diamkan selama 20 menit. Setelah didiamkan kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih dengan cara ditepuk, lakukan dengan rutin minimal seminggu sekali untuk mendapatkan kulit wajah yang tampak cerah bersinar.