Manfaat Kulit Durian Selezat Buahnya

Buah durian merupakan salah satu buah yang sangat digemari di masyarakat. Buah yang merupakan tumbuhan tropis ini berasal dari Asia tenggara dengan kulit keras dan berlekuk tajam dan yang menyerupai duri. Buah ini memiliki julukan yaitu King of Fruit yang banyan orang menyukainya namun terdapat pula orang yang tidak menyukainya karena aromanya. Buah ini berasal dari marga Durio.

Manfaat Kulit Durian, khasiat kulit durian

Kandungan Buah Durian
Dalam buah durian, mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gr buah durian, terdapat air (67 gr), lemak (2.5 gr), karbohidrat (28.3 gr), serat (1.4 gr), protein (2.5 gr) dan dalam 100 gr buah durian dapat menghasilkan energi sebanyak520 kJ. Selain kandungan tersebut, buah durian juga mengandung vitamin dan mineral.

Vitamin yang terkandung dalam buah durian diantaranya adalah vitamin C dan mineral yang terkandung dalam buah bermarga Durio ini diantaranya yaitu kalsium, forsfor, magnesium, asam filat, potasium atau kalium, zat besi, zinc, tembaga, mangan. Zat lainnya yang terkandung dalam buah ini yaitu thiamin, karoten, niacin dan ribloflavin. Menurut penelitian, kandungan zat besi dan forsfor yang terdapat dalam durian memiliki jumlah 10 kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan buah pisang.

Manfaat Kulit Durian
Tidak hanya buahnya namun terdapat manfaat kulit durian selezat buahnya. Pada kulit buah durian memiliki kandungan selulose yang tinggi yaitu sekitar 50-60%, kandungan lignin (5%) dan kandungan pati (5%). Manfaat kulit durian, diantarannya yaitu:

• Menghilangkan bau yang ada pada tangan setelah mengkonsumsi buahnya dengan memberikan air pada kulit durian dan kemudian digunakan untuk mencuci tangan.
• Sebagai obat pengusir nyamuk atau pengusir serangga lain misalnya lalat dengan kadar abu rendah yaitu 4%.
• Mengatasi sembelit dengan cara melumatkan kulit durian terlebih dahulu.
• Mengobati sakit perut dengan melumatkan kulit durian dengan di blender atau ditumbuk kemudian ditempelkan pada bagian perut yang terasa sakit. Biarkan hingga mengering dan sakit perut akan berkurang.
• Sebagai obat bisul dengan membakar kulit buah durian secukupnya dan telah dicuci dengan bersih. Kulit buah dibakar hingga menjadi arang dan berwarna hitam. Tumbuh arang kulit tersebut hingga menjadi seperti bubuk kopi kemudian menaburkannya di bisul. Sebaiknya digunakan 2 kali sehari.
• Sebagai pupuk organik, caranya dengan merebus kulit durian kemudian dijemur hingga kering. Kulit yang sudah kering kemudian ditumbuk. Penggunaannya dapat langsung dicampur dengan air.

Menurut pada kandungan pada kulit buah durian, kulit tersebut dapat digunakan sebagai campuran dari bahan baku papan olahan. Pada papan partikel yang terbuat dari limbah kulit durian dengan menggunakan semen sebagai perekatnya memiliki nilai modulus of elasisity sebesar 360 kg/cm2 dan nilai modulus of rupture adalah sebesar 543 kg/cm2. Selain digunakan dalam campuran bahan bangunan, kulit durian dapat digunakan sebagai pengental makanan karena mengandung senyawa pektin. Senyawa ini dapat dimanfaatkan untuk pengental pada pembuatan cendol dan dapat dijadikan tepung.

Kulit durian memiliki nilai kalori sebanyak 3786.95 kal/gr dengan kadar abu rendah sekitar 4%. Kulit durian dapat digunakan sebagai energi alternatif yang berupa briket yang biasanya berbahan dasar batubara. Dalam kulit terdapat minyak atsiri, falvoniod, lignin, unsur selulosa, saponin yang mudah terbakar. Pada 1.5 kg kulit durian, didapatkan 675 briket. Keuntungannya adalah penggunaan briket dari kulit durian tidak menghasilkan gas yang berbahaya untuk lingkungan dan kesehatan seperti CO2, CO, NOx, SOx. Dengan kata lain, bahwa bahan bakar ini ramah lingkungan.