Penyebab Penyakit Kanker Hati

Penyakit kanker hati memang sebuah penyakit yang cukup di takuti oleh masyarakat. Meskipun penderitanya tidak begitu banyak, atau berbeda dengan penyakit yang lain, namun penyakit ini memiliki risiko kematian yang sama dengan penyakit-penyakit yang parah lainnya. Sebenarnya hati berfungsi sebagai pengontrol kolesterol serta pengeluar racun yang berada di dalam tubuh. Ini sebabnya hati sangat di sebut sebagai organ penting. Jika hati tidak berfungsi dengan baik, tentu saja tubuh menjadi mudah sekali terserang berbagai penyakit.

Penyebab Penyakit Kanker Hati

Salah satu cara yang harus di tempuh agar dapat mengurangi resiko timbulnya kanker hati ialah mengetahui penyebab penyakit kanker hati. Dengan mengetahui penyebabnya, tentu Kita lebih mudah dalam menghindari serta melakukan pencegahan yang berhubungan erat dengan kanker hati itu sendiri. Penyebab dari kanker ini mungkin sangat jarang diketahui serta di cermati oleh orang-orang awam, hal ini karena belum familiarnya penyakit ini seperti penyakit-penyakit parah lain.

Lalu, apa sebenarnya penyebab penyakit ini?

• Gaya hidup yang kurang sehat, sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sedikit banyak juga telah menyumbangkan penyakit ini,
• Kurangnya berolahraga, olahraga yang tidak pernah di lakukan, juga akan menyumbangkan terjadinya penyakit ini, dalam hal ini olahraga memang sudah menjadi hal wajib yang harus Kita lakukan agar tubuh tetap sehat,
• Seringnya mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung pengawet atau makanan yang kurang sehat,
• Faktor keturunan, jika Anda memiliki riwayat keturunan yang menderita penyakit ini, bisa jadi Anda juga terkena penyakit ini,
• Umur atau usia, semakin tua umur seseorang maka semakin renta pula ia terkena berbagai macam penyakit.

Jika Anda tidak ingin terkena penyakit kanker hati, maka Anda juga harus melakukan berbagai pencegahan. Antara lain:

• Hindari makanan yang berpengawet tinggi, makanan-makanan yang mempunyai pengawet sangat banyak tentu saja dapat memperberat kerja hati yang Anda miliki,
• Hindari sayuran yang terbukti menggunakan pestisida, kandungan pestisida yang berada dalam sayuran tentu tidak dapat di hilangkan begitu saja ketika di cuci, kandungan inilah yang nanti akan menyebabkan hati bekerja keras, maka lebih baik mengonsumsi sayuran yang bebas pestisida.
• Batasi sumber radikal bebas, hal ini dapat menekan sel-sel kanker yang berada di tubuh Kita,
• Hindari makanan atau minuman yang banyak mengandung alkohol, alkohol ini akan dapat memicu kanker hati,
• Jangan mengonsumsi makanan yang tersimpan terlalu lama,
• Jika masih balita, lebih baik rutin dalam menghadiri acara imunisasi untuk hepatitis, agar bayi Anda tidak berisiko terkena penyakit tersebut.

Jika lebih jeli lagi, tentu saja ada gejala munculnya penyakit ini, seperti perubahan urine, urine orang normal umumnya berwarna kuning atau bening, namun urine yang dimiliki oleh penderita penyakit kanker hati ini ialah gelap, perut menjadi membesar, serta adanya rasa gatal, rasa gatal ini disebabkan karena peningkatan bilirubin yang berada di dalam tubuh, cepat lelah, kelelahan ini muncul walaupun Anda tidak melakukan aktifitas yang berat, berat badan tiba-tiba menurun serta mual dan muntah tanpa sebab yang jelas pula.

Jika sudah muncul tanda-tanda tersebut, lebih baik Anda memeriksakan diri ke dokter, jangan menunda-nunda ataupun menunggu waktu lagi, karena bila penyakit ini sudah semakin parah, kemungkinan kematian bisa mengintai penderita sewaktu-waktu, jadi lebih baik Anda melakukan pencegahan serta menyadarinya sedini mungkin, agar penanganan yang di lakukan pun juga tidak terlalu berat.