Simak Manfaat Buah Mentega Bagi Kesehatan Yang Harus Anda Tahu

Mungkin nama buah mentega belum familiar bagi Anda, mentega lebih dikenal dengan sebutan jenis olahan susu yang sering digunakan untuk roti atau sebagai pengganti minyak goreng untuk memasak. Buah mentega lebih dikenal dengan buah bisbul. Buah yang masih satu kerabat dengan kesemek ini biasa ditanam untuk dimakan buahnya atau sebagai perindang di tepi jalan, dan banyak ditanam di Filipina. Kandungan nutrisi pada buah mentega antara lain adalah karbohidrat, lemak, serat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, C, tiamin, dan beberapa mineral lainnya. Karena kandungannya buah ini baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

manfaat buah mentega bagi kesehatan

Meningkatkan daya tahan tubuh
Dalam keadaan normal, sistem pertahanan tubuh yang kuat sangat diperlukan sebagai benteng dalam mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Apalagi pada ibu hami, daya tahan atau sistem imun tubuh harus selalu dijaga karena jika terjadi penyakit atau infeksi bisa berakibat kepada pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu manfaat buah mentega bagi kesehatan adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.
Buah mentega mengandung vitamin C yang merupakan nutrisi sangat penting bagi kesehatan manusia. Kebutuhan manusia akan vitamin C adalah sebagai zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan perkembangan dan penyebaran sel-sel berpenyakit. Vitamin C juga bisa menangkal infeksi virus seperti influenza dan sebagai nutrisi untuk kesehatan kulit.

Menyehatkan jantung
Buah mentega mengandung tiamin atau vitamin B1 yang merupakan salah satu vitamin B kompleks yang fungsinya adalah menjaga agar saraf dan jantung tetap sehat. Selain itu tiamin juga berguna untuk memecah karbohidrat menjadi glukosa yang kemudian dikonversi tubuh menjadi sumber energi manusia untuk beraktivitas sehari-hari. Selain karbohidrat, tiamin juga berguna untuk memecah lemak dan protein sehingga buah mentega adalah buah yang baik dikonsumsi pada saat diet dan menurunkan berat badan.
Secara umum manfaat vitamin B1 atau tiamin untuk kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Mencegah kerusakan saraf
  3. Mencegah katarak
  4. Mengurangi gejala atau tanda-tanda penuaan
  5. Melancarkan pencernaan yang sehat dan kuat
  6. Mencegah penyakit Alzheimer
  7. Meningkatkan memori dan konsentrasi
  8. Meningkatkan nafsu makan

Mencegah pengeroposan tulang
Mineral yang berperan penting agar tulang tidak keropos adalah kalsium. Buah mentega mengandung 46 mg kalsium pada 100 gram takaran yang berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian yang diperlukan oleh tubuh. kalsium merupakan mineral yang paling banyak terdapat dalam tubuh di mana 99% kalsium ada di tulang dan gigi, sementara 1% beredar ke seluruh tubuh. Kebutuhan kalsium yang 1% inilah yang harus dipenuhi oleh manusia melalui makanan yang mengandung kalsium seperti pada buah mentega.
Apabila kebutuhan kalsium harian tidak dipenuhi tubuh akan mengambil kalsium dari tulang yang bisa menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang pada waktu usia lansia. Maka dari itu jika pada usia lansia Anda ingin tetap bisa bergerak bebas dan tetap tegap, penuhilah kebutuhan kalsium salah satunya dengan mengkonsumsi buah mentega. Selain tulang keropos, berikut adalah akibat kekurangan kalsium menurut WHO:

  1. Nyeri otot tulang
  2. Penurunan kekebalan atau sistem imun tubuh
  3. Penurunan daya ingat
  4. Gangguan jantung

Menghaluskan kulit
Kulit yang halus berarti kulit yang sehat, tidak harus putih karena warna kulit tergantung dari pigmen dan bawaan gen. Kulit yang kering, bersisik, dan keriput meskipun belum umurnya adalah kulit yang kekurangan nutrisi. Paparan radikal bebas seperti sinar matahari, polusi, asap rokok, dan lain sebagainya berakibat pula pada kesehatan kulit. Sel-sel yang rusak pada kulit jika tidak segera diperbaiki bisa mengakibatkan kulit menjadi tidak sehat dan menimbulkan tanda-tanda penuaan.
Buah mentega bisa dijadikan konsumsi buah untuk mencegah kerusakan pada kulit karena buah ini mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan halus. Kandungan vitamin A pada buah mentega berguna untuk menjaga kelembaban dan kesehatan jaringan kulit pada lapisan bawah. Sedangkan vitamin C pada buah mentega berguna untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari dan membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen sangat bermanfaat untuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang.