Waspada Terhadap Penyakit Jantung

Waspada Bahaya Penyakit Jantung, Kenali Penyebab Dan Gejalanya
Penyakit jantung adalah penyakit yang mengerikan dan bahaya paling mengancam kehidupan umat manusia. Penyakit jantung mendapat reputasi sebagai “silence killer” karena kebanyakan penderitanya tidak mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit jantung sampai terjadi serangan. Beberapa orang masih beruntung serangan pertama hanya berupa peringatan, namun banyak yang kurang beruntung karena serangan pertama bisa saja langsung menghilangkan nyawa seseorang. Oleh karena itu penting untuk memahami resiko penyakit jantung karena sadar atau tidak penyakit ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Waspada Terhadap Penyakit Jantung, gejala penyakit jantung, awas penyakit jantung

Penyakit jantung adalah istilah yang mengarah pada jantung yang bermasalah dan sistem pembuluh darah yang tidak baik. Ada banyak jenis penyakit jantung yang dapat menyerang bukan hanya orang dewasa dan lansia namun juga anak-anak bahkan bayi yang baru lahir. Berikut adalah jenis penyakit jantung yang umum dan wajib diwaspadai:

  1. Gagal jantung
Gagal jantung sering diartikan dengan serangan jantung, yaitu kondisi di mana jantung tidak bisa memompa darah sehingga tubuh tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi yang diperlukan. Ciri seseorang akan mengalami gagal jantung adalah terjadi pembengkakan pada kaki dan tangan karena kelebihan cairan, nafas yang tersengal dan pendek-pendek, rasa nyeri di dada karena penyumbatan arteri. Orang yang mengalami gagal jantung beresiko tinggi akan langsung mengalami kematian.

  1. Kelainan jantung
Kondisi kelainan jantung biasanya mengarah pada seseorang dengan katup jantung baik satu maupun lebih yang tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Kelainan ini bisa terjadi saat sejak lahir, maupun setelah tumbuh dewasa. Untuk memperbaiki katup jantung, dibutuhkan operasi dan menjaga pola hidup yang baik.

  1. Jantung koroner
Penyakit jantung ini disebabkan oleh penyumbatan nadi oleh lapisan lemak dan kolesterol sehingga aliran darah ke jantung tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar ke jantung menyebabkan dada di kiri terasa sangat nyeri yang menjalar hingga ke lengan dan ke leher. Lapisan lemak yang menutupi nadi dan pembuluh darah diakibatkan oleh konsumsi rokok dan makanan berlemak dan berkolesterol tinggi.

Gejala umum penyakit jantung
Seperti telah disebutkan, jika terkena penyakit jantung hanya ada 2 kemungkinan, salah satu kemungkinannya adalah masih diberi kesempatan untuk hidup dan mengatasi masalah pada jantung. Waspada penyakit jantung agar bisa segera mendapatkan perawatan dan cara mengatasi yang benar adalah dengan mengenali gejala umum pada sakit jantung berikut ini:

  1. Terjadi nyeri yang luar biasa di dada bagian kiri tempat jantung berada yang bisa menjalar ke bagian atas tubuh yang lain seperti leher, bahu, punggung, dan pundak
  2. Sulit untuk bernapas, napas terasa sesak dan tersengal-sengal ketika digunakan untuk berbicara
  3. Keluar banyak keringat dingin dari pori-pori kulit
  4. Detak jantung tidak beraturan, bisa lebih cepat, lebih lambat, atau gabungan keduanya
  5. Perut terasa mual seperti mau muntah

Gejala umum serangan jantung di atas sedikit mirip dengan masuk angin biasa, maka dari itu jangan anggap sepele gejala di atas karena jika tidak ditangani serangan jantung dapat mengakibatkan kematian setelah 1 jam pasca terjadi serangan. Orang yang mengalami serangan jantung sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan medis sehingga otot jantung yang rusak akibat serangan bisa diselamatkan. Otot jantung bila rusak tidak dapat meregenerasi sendiri sehingga bisa rusak permanen jika tidak segera diperbaiki. Menjaga jantung agar tetap sehat pada umumnya sama dengan penyakit lainnya yaitu banyak konsumsi makanan rendah lemak dan kolesterol, kurangi/hentikan merokok, dan rajin berolahraga agar otot jantung kuat.