Waspadai Penyakit Darah Tinggi

Waspada penyakit darah tinggi! Penyakit darah tinggi termasuk penyakit berbahaya dan penyakit ini bisa membawa penyakit lain datang seperti serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi terjadi karena tekanan darah systolic (tekanan darah bagian atas) dan diastolic (tekanan darah bagian bawah) yang berada di atas normal. Tekanan darah ini bisa diukur menggunakan alat pengukur tensi darah yang tersedia dalam bentuk cuff air raksa maupun yang dalam bentuk digital. Normalnya angka tekanan darah seseorang itu adalah 120/80 mmHg, pada saat tidur akan mengalami penurunan dan saat beraktivitas akan naik sedikit. Jika Anda tiba-tiba tekanan darahnya meningkat maka Anda harus segera mendapatkan pemeriksaan di klinik atau rumah sakit, karena tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan rusaknya pembuluh darah jantung, otak, mata serta ginjal. Hal ini juga kemudian bisa membawa penyakit seperti stroke dan gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian seketika. Maka itu Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi, harus selalu menjaga kesehatan dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Penderita darah tinggi harus banyak makan sayur dan buah serta tidak bisa makan makanan yang berlemak tinggi karena itu akan memperburuk kinerja jantung.

Waspadai Penyakit Darah Tinggi, gejala darah tinggi, darah tinggi itu apa?

Penyebab Darah Tinggi
Agar Anda bisa lebih mengantisipasi bahayanya darah tinggi, maka Anda harus tahu apa saja penyebab terjadinya penyakit darah tinggi ini sehingga Anda bisa menghindarinya. Pertama, penyebab darah tinggi adalah keturunan, jika orang tua Anda memiliki riwayat penyakit darah tinggi, maka bukan tidak mungkin jika nantinya Anda juga akan menderita penyakit ini, oleh karena itu bagi yang memiliki orang tua penderita hipertensi, maka Anda sebagai anaknya pun harus menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yang sama. Kedua, penyakit darah tinggi disebabkan juga oleh faktor usia, semakin tua kinerja organ tubuh kita memang melemah, oleh karena itu tekanan darah juga bisa naik dan turun sewaktu-waktu. Penyebab darah tinggi yang ketiga adalah kolesterol, seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa orang yang darah tinggi tidak bisa makan berlemak, karena darah tinggi ini salah satu penyebabnya adalah kolesterol. Selain itu Anda bisa terkena penyakit darah tinggi karena gaya hidup tidak baik yang Anda lakukan selama ini, seperti merokok, minum alkohol dan kurang olahraga adalah penyebab terjangkitnya penyakit darah tinggi pada Anda. Kemudian faktor psikologis yang stress juga dapat memicu penyakit ini.

Gejala Darah Tinggi
Untuk Anda yang waspada terhadap penyakit ini, sebaiknya Anda membeli alat pengukur tekana darah untuk digunakan di rumah sehingga Anda bisa mengontrol tekanan darah Anda setiap waktu. Sehingga jika terjadi sesuatu Anda bisa segera melakukan pengobatan sebelum terlambat. Adapun gejala darah tinggi yang mesti Anda ketahui juga untuk melakukan pengobatan adalah gejalanya yang pertama Anda akan merasa pusing saat tekanan darah Anda naik, muka memerah, dan ada juga orang yang sampai mengeluarkan darah dari hidung atau mimisan. Badan rasanya pegal terutama di daerah tengkuk. Jika Anda mendapati diri Anda merasakan gejala demikian, maka segerlah ukur tekanan darah Anda untuk mengetahui lebih lanjut. Pengobatan darah tinggi selain dengan obat yang diberikan dokter, Anda sendiri juga harus memiliki kemauan untuk sembuh. Gantilah gaya hidup Anda yang sebelumnya sering bermalas-malasan dengan melakukan olahraga rutin untuk menyehatkan tubuh. Olahraga yang baik untuk penderita darah tinggi adalah bersepeda, aerobic dan jogging.