Alergi Kacang Pada Anak? Cepat Tangani Dengan Cara Alami

Kacang merupakan komponen yang selalu ditemukan pada segala jenis makanan, termasuk makanan indonesia. namun, sayangnya sebuah studi menunjukan bahwa yang mengalami alergi kacang sudah mengingat 2 kali lipat pada 10 tahun terakhir.

Enggak terkecuali di indonesia. semakin hari semakin banyak sekali para ibu yang mengeluhkan anaknya mempunyai alergi makanan. apalagi kalau anak-nya telah susah sekali makan, makanan yang bisa dimakan oleh anak pasti semakin lebih terbatas.

Alergi Kacang Pada Anak? Cepat Tangani Dengan Cara Alami

Alergi kacang mampu mengakibatkan gejala yang bervariasi, mulai dari yang sangat ringan - sedang - semisal bersin-bersin, ruam merah gatal pada kulit, biduran, bibir dan mata bengkak, mual muntah, diare, sesak nafas, sakit perut, sampai yang berat semisal reaksi anafilaksis. reaksi yang berpotensi mengancam jiwa ini mampu mengakibatkan sumbatan jalan nafas akibat pembengkakan pada pita suara, pingsan, penurunan drastis pada tekanan darah, sampai menyebabkan kematian.

Terhadap anak yang mempunyai alergi ringan, memakan kacang yang banyak baru mampu menimbulkan gejala-gejala alergi. tetapi dalam anak yang mempunyai alergi berat, sedikit kacang saja telah bisa menimbulkan reaksi yang sangat parah. umumnya kacang mampu menimbulkan alergi kalau tertelan dari makanan. tetapi menghirup partikel kacang juga mampu menimbulkan alergi dalam sebagian orang.

Berikut ini ada beberapa faktor risiko yang bisa meningkatkan kemungkinan seseorang mempunyai alergi kacang yakni :
  • Kebanyakan yang mempunyai alergi kacang ialah anak-anak dan bayi. semakin lebih besar usianya, sebagian anak akan terbebas sendiri dari gejala alergi kacang ini, tetapi tetap saja ada sebagian kecil anak yang akan membawanya sampai dewasa.
  • Risiko meningkat kalau anak mempunyai alergi pada makanan lain, debu, dan yang lain-nya.
  • Anak mempunyai orang tua, saudara, maupun kerabat yang mempunyai alergi dari makanan juga.
  • Anak mempunyai semacam alergi lain semisal asma, dermatitis atopik, maupun rinitis alergi.
Kalau anda mau memastikan apakah anak alergi kacang maupun enggak. ada beberapa hal yang mampu yang anda lakukan semisal:

Catatan harian makanan
Catatlah macam makanan yang dimakan oleh anak pada setiap harinya, dan jamnya. kalau memungkinkan, catat pula kandungan dari bahan yang ada pada makanan itu buat menggampangkan.

Diet eliminasi
Hilangkan kacang dari sebuah menu makanan setiap hari anak selama seminggu sampai 2 minggu. sesudah itu, kasih lagi kacang terhadapnya. kalau alergi muncul, berarti terbukti bahwa anak ini alergi kacang. kalau enggak ada reaksi alergi yang timbul, kemungkinan saja dia alergi kepada bahan makanan yang lain.

Tidak boleh ragu buat segera membawa anak ke dokter buat mendapatkan penanganan segera. selain mengasih obat buat meredakan sebuah gejala alerginya, dokter juga pasti akan melakukan pemeriksaan-nya buat menemukan penyebab alergi pada anak.

Uji kulit
Pada sejumlah kecil ekstrak dari segala zat akan dicukitkan pada kulit. kalau timbul sebuah gejala alergi akan bentol maupun kemerahan terhadap kulit.

Memeriksa darah
Darah anak akan diambil buat memeriksa imunoglobulin E baik total maupun spesifik supaya dapat diketahui seberapa besar gejala alerginya.

Nah itulah sedikit penjelasan kami tentang Alergi kacang pada anak? cepat tangani dengan cara alami. Semoga yang kami jelaskan diatas mampu bermanfaat dan semoga dapat membantu anda semua, apabila sedang mengalami alergi kacang tersebut.