Kuaci Biji Bunga Matahari, Biji Semangka, Dan Biji Labu Wuluh Memiliki Beberapa Manfaat Bagi Tubuh

Kuaci adalah salah satu cemilan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. kebanyakan kuaci diolah dari biji bunga matahari yang dikeringkan kemudian diasinkan. namun, ternyata produk kuaci juga dapat dihasilkan dari biji buah semangka serta biji labu wuluh. serta tahukah anda kalau selain sebagai cemilan ringan, kuaci juga adalah makanan yang menyehatkan. di dalam kuaci, baik itu yang berasal dari biji bunga matahari, biji semangka, maupun biji labu wuluh mempunyai berbagai kandungan nutrisi yang begitu dibutuhkan oleh tubuh kita. kemudian apa sajakah kandungan nutrisi dan bagaimana pengaruh kuaci untuk kesehatan? berikut ini penjelasannya.

Kuaci Biji Bunga Matahari, Biji Semangka, Dan Biji Labu Wuluh

Kuaci biji bunga matahari
Bunga matahari adalah tanaman yang berasal dari negara meksiko serta peru. kemudian sekitar abad ke-17, terjadilah penyebaran tanaman tersebut ke berbagai negara di belahan dunia. semisal jerman, hungaria, bulgaria, perancis, amerika serikat, rusia, rumania serta negara-negara lainnya. di indonesia sendiri, sentra pembudayaan tanaman bunga matahari ada dijawa timur serta dijawa tengah. dimana selain menghasilkan bunga yang besar serta indah semisal matahari, bunga tersebut juga menghasilkan biji yang lalu di manfaatkan serta diolah menjadi sebuah makanan ringan yang kita kenal dengan nama kuaci. selain itu juga sebagai salah satu sumber penghasil minyak di dalam produk kosmetik. adapun kandungan nutrisi dan manfaat kuaci biji bunga matahari adalah:

1. Hampir 90% kandungan lemak yang terkandung di dalam kuaci ialah lemak tak jenuh (lemak baik) dan kandungan asam linoleat yang mencapai 72%. dari berbagai hasil penelitian menunjukkan kalau makanan yang banyak mengandung lemak tak jenuh begitu baik buat membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol  baik (HDL) sehingga dengan begitu akan bisa menurunkan resiko terjadinya gangguan atau penyakit kardiovaskular.

2. Kuaci biji bunga matahari juga sarat akan kandungan manfaat vitamin E, yaitu vitamin yang dapat bertindak sebagai antioksidan serta anti radang. vitamin E berguna buat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular (jantung). menurunkan resiko terjadinya plak pada pembuluh darah, menurunkan resiko terkena gangguan penyakit kanker kolon, mengurangi tingkat keparahan serta hot flush yang terjadi pada perempuan yang tengah dalam masa menapause, menurunkan resiko komplikasi diabetes, menurunkan tingkat resiko gangguan penyakit yang dipengaruhi oleh radikal bebas serta radang semisal asma, osteoarthiritis, rheumathoid arthiritis, melindungi daya ingat otak serta membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berlebihan.

3. Kuaci biji bunga matahari juga mempunyai kandungan fosfor yang cukup baik, dimana dalam setiap 100 gramnya terdapat +/- 705 sampai 755 mg fosfor yang begitu baik buat membantu dalam proses pembentukan masa tulang serta gigi. sehingga dengan begitu akan bisa menurunkan resiko osteoporosis.

4. Kalium adalah salah satu jenis mineral yang banyak terkandung dalam biji kuaci biji bunga matahari, dimana dalam setiap 100 gram kuaci terdapat kandungan kalium sebesar 648 sampai 689 mg. jenis mineral ini begitu baik buat mengimbangi kandungan natrium di dalam tubuh. selain itu, sifat hipotensif yang dimiliki oleh kalium akan bisa membantu menurunkan tekanan darah. artinya, mengkonumsi kuaci akan membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

5. Jenis mineral lain yang ada pada kuaci biji bunga matahari adalah kalsium. dalam 100 gram kuaci terdapat kandungan kalsium sebesar 54 sampai 116 mg. manfaat kalsium begitu baik buat membantu proses pembentukan tulang serta gigi. sehingga bisa melindungi tubuh dari gangguan osteoporis.

6. Kandungan mineral lain yang enggak kalah penting dari kuaci biji bunga matahari ialah natrium sebesar 3 sampai 99 mg dalam 10 gram kuaci, zat besi sebesar 6,77-7,28 mg serta tembaga sebesar 0,69-1,75 mg di dalam setiap 100 gramnya.

7. Kuaci biji bunga matahari juga kaya akan kandungan folat yang begitu baik buat membantu dalam proses pembentukan sel-sel tubuh baru serta menutrisi otak.