Alangkah Pentingnya Pencabutan Gigi Susu Pada Anak

Gigi susu adalah salah satu gigi yang sering tidak mendapat perhatian penuh. hal tersebut sehubungan dengan pemikiran bahwa gigi susu suatu saat akan diganti sehingga sangat banyak anak yang mengalami kerusakkan gigi susu dan terkadang posisinya sudah lumayan parah sehingga perlu dicabut. Pencabutan gigi susu adalah salah satu hal yang sangat menakutkan untuk sebagian besar orang. tidak hanya dirasakan oleh anak saja namun orang dewasa juga.
Namun, terkadang mau tidak mau gigi susu anak perlu dicabut meskipun belum waktunya supaya gigi susu ini dapat digantikan dengan gigi tetap.

Alangkah Pentingnya Pencabutan Gigi Susu Pada Anak, begini cara pencegahan gigi berlubang

Berikut adalah beberapa kondisi gigi susu yang perlu dicabut:
  • Kerusakkan gigi akibat karies atau lubang gigi yang tidak dapat dilakukan tindakan penambalan kembali. misalnya kerusakan pada gigi yang sudah mencapai akar gigi.
  • Saat kondisi adanya akut dentoalveolar abscess yang disertai selulitis.
  • Gigi susu yang persisitensi atau yang sebaiknya telah tanggal tapi belum juga tanggal, tetapi gigi tetapnya sudah muncul.
  • Gigi susu yang dapat menyebabkan ulkus dekubitus.
  • Gigi susu yang sedang mengalami infeksi pada bagian periapikal dan juga interradikularnya yang sudah tidak bisa dirawat.
  • Gigi susu yang sedang mengalami impaksi atau gangguan pertumbuhan sehingga menghalangi tumbuhnya gigi tetap.
Tetapi demikian, Jikalau menemukan beberapa kondisi seperti yang ada diatas, ada tindakan yang bisa dilakukan untuk menjauhi supaya gigi susu anak tidak harus sampai dicabut sebelum pada waktunya, yaitu:
  • Menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride yang sesuai dengan jenisnya dan juga dengan usia pemakaiannya.
  • Hentikan kebiasaan  mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula.
  • Hentikan kebiasaan meminum susu dalam botol dot hingga tertidur.
  • Lakukan kontrol kedokter gigi dengan rutin.
  • Lakukan perawatan segera kedokter gigi jika gigi telah mengalami kerusakkan atau terjadi adanya lubang, meskipun belum ada keluhan yang saat ini dirasakan.
Apabila gigi susu anak memang harus dicabut atas saran dari dokter, maka diharapkan para orang tua wajib mendukung anak anda semua supaya anak anda berani saat giginya akan dicabut. Hal tersebut untuk menjauhi terjadinya gigi susu anak yang bisa jadi dicabut dan juga bisa membahayakan kesehatan anak tersebut sebab anak enggan/ragu atau bahkan takut saat giginya akan dicabut oleh dokter gigi. Jika gigi anak anda tidak mau dicabut maka anda harus mengajarkan kebiasaan baik tentang menjaga gigi seperti menyikat gigi 2x sehari dan hindari makan-makanan yang manis/mengandung gula. Demikian artikel yang saya bagikan kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan juga bagi kita semua.