Cara Menangani Batuk Dan Juga Pilek Ringan Pada Anak Secara Alami

Batuk dan juga Pilek memang sering terjadi pada anak-anak. Para orang tua sering sekali mengunjungi dokter untuk membawa anak-anaknya dengan gejala yang serupa. Sesungguhnya, batuk pilek pada anak atau sering dibilang juga dengan common cold ataupun flu tersebut paling sering diakibatkan oleh rhinovirus. Keluhan flu biasanya merupakan sesuatu yang ringan, serta pada sebagian besar masalah bisa sembuh dengan sendirinya dengan spontan. Oleh sebab itu penyebabnya yaitu virus, maka penggunaan antibiotik pada penyakit flu tidak direkomendasikan.

Cara Menangani Batuk Dan Juga Pilek Ringan Pada Anak Secara Alami, cara menangani batuk dan juga pilek ringan pada anak

Bagaimana Keluhan common cold tersebut? Keluhan yang bisa dirasakan, diantaranya sebagai berikut:
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Keluhan sistem pernapasan, misalnya seperti batuk, keluar cairan dari hidung, dan juga sakit tenggorokan.
Anak yang berusia dibawah 5 tahun mempunyai resiko komplikasi, yang bersangkutan dengan flu/pilek, yang lumayan besar. Dinegara Amerika serikat, lebih dari 20.000 anak yang berusia dibawah 5 tahun masuk rumah sakit akibat flu. Pada anak-anak, gejala flu dapat diderita setidaknya 6-12 kali dalam 1 tahun.
Untuk meredakan gejala yang terjadi bisa memakai terapi alternatif. Namun sangat disayangkan, masih sedikit penelitian yang menunjukan keunggulan terapi alternatif tersebut dalam mengobati keluhan yang terjadi. Tetapi beberapa zat tradisional sudah dibuktikan bisa mengurangi keluhan peradangan, diantaranya sebagai berikut:

1. Ginger

Ginger atau sering disebut juga dengan jahe mempunyai efek antiperadangan yang muncul pada saat terjadi peradangan.

2. Curcuma Zedoaria

Misalnya seperti jahe, curcuma zedoaria atau sering dibilang juga kunir putih/kencur juga mempunyai efek antiperadangan.

3. Omega-3

Omega-3 sangat banyak terkandung didalam salmon. Omega-3 mempunyai efek antiperadangan yang sangat baik.

4. Echinacea Angustifolia

Echinacea Angustifolia merupakan salah satu tanaman yang juga mempunyai efek antiperadangan.

5. Alternanthera Sessilis

Tanaman tersebut banyak sekali digunakan dibangladesh sebagai obat herbal. Tidak cuman dibangladesh, tanaman tersebut sangat mudah untuk ditemukan dinegara asia, misalnya seperti indonesia. Di indonesia tanaman tersebut dikenal dengan nama kremah atau kremo dalam bahasa jawa dan juga tolod dalam bahasa sunda. Tanaman tersebut juga mempunyai salah satu efek anti peradangan.

Tetapi pada beberapa masalah, flu yang terjadi dapat saja bukan flu biasa dan bisa terjadi sebagai masalah yang berat dan juga bisa membahayakan, Menurut Centers for Disease Control and Prevention, ada 3 cara yang bisa dikerjakan untuk mencegahnya, yaitu sebagai berikut:
  • Vaksinasi influenza
Vaksinasi influenza adalah cara pertama yang paling penting. Vaksinasi influenza bisa menurunkan angka kesakitan flu, kunjungan dokter, dan juga angka perawatan dirumah sakit.
  • Kerjakan upaya pencegahan dimana saja dan kapan saja
Jauhi berdekatan dengan orang lain yang sedang sakit. Tutup mulut dan juga hidung dengan memakai tisu pada saat ingin bersin, setelah itu buang bekas tisu itu ditempat sampah. Cucilah tangan dengan rutin dengan menggunakan sabun dan juga air bersih. Jauhi menyentuh mata, mulut, dan juga hidung. karena kuman dapat menyebar melewati cara tersebut.
  • Jikalau sakit, beristirahatlah, dan bila perlu kunjungilah dokter
Jika anda sedang sakit, upayakan agar tetap beristirahat dirumah hingga demam menghilang (tanpa pemberian obat). Jauhi berkontak langsung dengan orang lain selama sakit. Hal tersebut dibuktikan supaya anda tidak menularkan penyakit yang anda derita kepada orang lain. Selain itu juga, anda juga perlu mengunjungi dokter jika penyakit yang anda derita dan juga anda rasakan semakin parah. Maka dokter akan memberikan pengobatan untuk anda supaya kesehatan anda pulih lagi.

Maka, mulai dari sekarang anda semua sebagai orang tua harus memperhatikan kesehatan anak-anak anda agar tidak mudah terserang penyakit. anda juga perlu memperhatikan pola makan dan juga aktivitasnya sehari-hari supaya anak anda terjaga dan juga terlindungi. Mungkin cuman itu artikel yang dapat saya bagikan kali ini mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.