Jangan Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud

Kotoran telinga atau sering disebut juga dengan serumen merupakan salah satu zat yang secara alami terdapat didalam telinga yang menolong melindungi lubang telinga. Kebanyakkan diantara kita sering sekali merasa terganggu dengan adanya kotoran telinga yang menumpuk itu. Akhir-akhirnya benda apa saja yang ada didekat anda dipergunakan untuk membersihkan telinga. misalnya menggunakan jepit rambut, cotton bud, pinset, pulpen, sedotan, dan juga benda lainnya.

Jangan Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud, cara membersihkan lubang telinga dengan alat lain

Apakah itu adalah kotoran telinga?

Telinga mempunyai sel-sel yang berfungsi untuk menghasilkan kotoran telinga. pada beberapa orang, kotoran telinga itu menumpuk lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya. Kotoran telinga yang sudah menumpuk tersebut bisa menimbulkan bermacam-macam gejala misalnya seperti terjadinya fungsi pendengaran, sakit, sampai dengan kerusakkan pada lubang telinga. Ketimbang kita harus pergi kedokter untuk membersihkan telinga, anda juga pasti cenderung akan membersihkan sendiri menggunakan cotton bud ataupun benda lainnya.

Apakah diperbolehkan membersihkan telinga menggunakan benda asing misalnya seperti cotton bud?

Gendang telinga adalah salah satu selaput membran yang sangat tipis dan juga sensitif. Sehingga dengan tekanan sedikit saja, contohnya menggunakan cotton bud ataupun benda asing lainnya, bisa pecah dengan gampang.
Gendang telinga yang pecah juga bisa menyebabkan gejala yang tidak nyaman, misalnya sakit, keluarnya cairan dari telinga, ataupun penurunan fungsi pendengaran.

Apakah kita perlu membersihkan telinga?

Jawabannya yaitu antara ya ataupun tidak. Anda bisa membersihkan telinga bagian luar dengan menggunakan handuk ataupun lap basah yang diberi sedikit sabun. Sedangkan lubang telinga tidak harus anda bersihkan sendiri. Kulit yang menyelubungi lubang telinga berbentuk spiral dan juga mengarah keluar, sehingga kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus anda bersihkan.

Jangan pernah sesekali memasukkan suatu benda termasuk jari anda kedalam lubang telinga, sebab justru bisa mendorong kotoran telinga masuk kedalam dan juga merusak gendang telinga. Tetapi bila kotoran telinga anda telah menumpuk, anda harus mengunjungi dokter untuk dibersihkan menggunakan alat khusus. Proses pembersihannya tidak sakit dan juga sangat efektif untuk mengeluarkan kotoran telinga. Mungkin hanya itu artikel yang dapat saya bagikan tentang Jangan Membersihkan Telinga Menggunakan Cotton Bud kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua dan menambah pengetahuan kita tentang seputar dunia kesehatan.