Manfaat Serta Efek Samping Dari Kerokan

Kerokan adalah salah satu terapi yang tradisional yang telah lama dikerjakan oleh masyarakat indonesia. kerokan tidak cuman populer di indonesia saja, Tetapi juga terkenal diberbagai negara misalnya seperti Vietnam dan juga Tiongkok. Kerokan dikenal dengan sebutan Gua Sha diTiongkok. Teknik Gua Sha dibawa oleh para imigran tiongkok hingga kedunia barat. Kerokan biasanya memakai batu giok ataupun benda tumpul lainnya. Kemudian, gimana kerokan ditinjau dari sisi medis? Berikut ini adalah penjelasannya tentang Manfaat Serta Efek Samping Dari Kerokan.

Manfaat Serta Efek Samping Dari Kerokan, proses cara kerja menggunakan kerokkan

Proses Kerja Kerokan

Kerokan dikerjakan dengan menggesekkan sebuah benda ke kulit dengan berulang, hingga muncul warna kemerahan pada kulit. Ketika dikerok biasanya orang juga memakai sejenis minyak untuk menolong melumaskan kulit.
Apa yang mengakibatkan terjadinya warna kemerahan pada kulit ketika dikerok? Warna kemerahan ketika dikerok adalah pelebaran dan juga pecahnya pembuluh darah dibawah kulit. Kerokkan tidak cuman mengakibatkan pelebaran pembuluh darah, namun juga meningkatkan sirkulasi darah ke otot. Selain itu juga, kerokkan bisa meningkatkan endorfin yang bikin perasaan nyaman dan juga segar.

Kerokkan Menurut Medis

Layaknya pengobatan alternatif yang lainnya, Hingga sekarang belum ada penelitian skala besar yang mempelajari seputar tentang manfaat kerokkan. Sebuah penelitian kecil pernah dikerjakan dan menyimpulkan bahwa kerokkan bermanfaat dalam mengurangi sakit leher yang sudah kronis, jikalau dibandingkan dengan pemakaian thermal pad.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kerokkan mempunyai manfaat yang telah banyak dirasakan oleh masyarakat. Tetapi teknik kerokkan yang tepat juga harus diperhatikan. Sebab teknik kerokkan yang salah bukannya membawa manfaat, tetapi malah bisa mendatangkan penyakit.

Kerokkan mengakibatkan terbukanya pori-pori kulit yang pecahnya pembuluh darah yang kecil. Bila kerokkan dikerjakan dengan bahan-bahan yang tidak bersih, maka bisa bikin bakteri masuk kedalam kulit. Hal tersebut lalu dapat mengakibatkan infeksi pada kulit.
Selain itu juga, kerokkan lebih baik dijauhi pada pasien dengan gangguan darah (misalnya seperti leukemia). sebab bisa mengakibatkan perdarahan yang susah untuk dikontrol. Demikian artikel yang bisa saya bagikan tentang Manfaat Serta Efek Samping Dari Kerokan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua.