Penderita Diabetes Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Manis?

Apakah anda pernah mendengar jika penderita diabetes itu tidak boleh mengkonsumsi makanan yang manis-manis? gimana dengan fakta jika penderita diabetes seumur hidup harus menjauhi makanan yang mengandung gula. Sangat disayangkan bahwa pengertian tersebut  masih menyebar  dikalangan masyarakat hingga detik ini. padahal fakta diatas tidak sepenuhnya benar. penderita diabetes masih bisa mengkonsumsi makanan yang manis, tetapi tetap harus mengikuti aturan dari dokter.

Penderita Diabetes Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Manis?, begini cara aturan untuk mengkonsumsi makanan manis bagi penderita diabetes

Gula Dan Juga Hubungannya Dengan Diabetes
"Mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan diabetes" merupakan yang salah kaprah, karena diabetes tidak terjadi semudah itu.
Penyakit diabetes ini sering sekali terjadi akibat kombinasi berbagai faktor resiko dan bukan berdiri sendiri. oleh sebab itu diabetes dianggap sebagai penyakit multifaktorial. diperlukan kombinasi antara riwayat keluarga yang juga sama menderita diabetes. (terutama orang tua) dan juga ditambah dengan profil kesehatan yang buruk lainnya. (terdapat pada yang berlebihan berat badan, barulah resiko mengalami diabetes semakin meningkat/bertambah.

Peningkatan gula darah memang sering terjadi akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat misalnya makanan yang rasanya manis. tidak heran lagi kenapa bisa muncul pemahaman bahwa penderita diabetes perlu menghindari makanan yang manis. tetapi sebenarnya, penderita masih bisa mengkonsumsi karbohidrat asal terukur dan tidak boleh berlebihan, dan juga memperoleh pengobatan diabetes dengan teratur.
Selain itu juga, menjauhi konsumsi karbohidrat secara 100% justru bikin penderita diabetes beresiko mengalami hal-hal berikut:
  • Penderita diabetes mempunyai resiko kekurangan  energi untuk melaksanakan aktivitas atau kegiatan, apabila bisa mendapat asupan karbohidrat sama sekali.
  • Ketika penderita diabetes kekurangan asupan makanan, maka bisa meningkatkan kemungkinan mengemil dan makan dengan porsi yang lebih banyak pada saat jam makan yang berikutnya.
  • Kurang mengkonsumsi karbohidrat tetapi terus meminum obat-obatan anti diabetes bisa mempengaruhi gula darah semakin turun dan terjadinya resiko hipoglikemia.
Pola Makan Untuk Penderita Diabetes
Prinsip pengaturan makan penderita diabetes sedikit sama dengan saran makan pada umunya. yaitu makanan dengan gizi yang seimbang/sama rata. yang mengandung karbohidrat, vitamin, protein, lemak dan juga mineral. sesuai dengan keperluan kalori dan juga zat gizi individu masing-masing. tetapi harus ditekankan pentingnya keteraturan saat makan dalam halnya jadwal, jenis, dan banyak makanan. terlebih bagi anda yang menggunakan obat penurun glukosa darah dan juga insulin.

Khusus bagi sumber karbohidrat, jumlah yang diperbolehkan adalah sekitar 45%-65% total asupan energi. Namun sebaiknya anda mengunjungi dokter atau ahli gizi, ketika terdiagonis diabetes pertama kali, untuk menentukan jumlah keperluan energi harian anda. Apabila sudah tahu total jumlah hariannya. maka anda tinggal memasangkan dengan porsi berbagai makanan.

Namun harus dengan sumber karbohidrat yang anda konsumsi masih dalam jumlah harian, tidak ada masalah sama sekali untuk anda mengkonsumsinya. yang terpenting adalah pilihlah sumber karbohidrat yang banyak berserat tinggi dan mempunyai indeks glikemik yang rendah. Jika anda ingin tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung gula anda harus ingat dengan saran dokter apabila ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung gula itu jangan terlalu berlebihan. Mungkin hanya itu artikel yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga bisa menambah pengetahuan kita tentang pentingnya menjaga kesehatan.