Seputar tentang Gula Dalam Kehidupan Anda Setiap Hari

Gula yang sering sekali dianggap sebagai penghancur diet anda semua ternyata dapat menjadi sesuatu hal untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Pasalnya, gula sering sekali dianggap sebagai pengganggu oleh orang yang sedang diet. Diet detoks gula atau yang sering disebut dengan diet tanpa mengkonsumsi gula sedang menjadi hal yang tren dikalangan masyarakat yang sedang melakukan diet.
Diet ini menjanjikan akan membantu anda semua menurunkan berat badan anda dengan permanen. Apakah anda semua sungguh-sungguh ketagihan terhadap gula? Ada beberapa orang yang suka mengkonsumsi makanan yang manis dengan cara yang tidak sehat, walaupun mungkin tidak ketagihan dalam arti yang sesungguhnya.
Ada beberapa tanda-tanda anda sudah ketagihan gula yaitu anda selalu mendambakan gula setiap saat, anda semua akan merasa kehilangan kendali apabila melihat makanan manis dan anda juga akan makan lebih banyak dari yang direncanakan apabila anda mengkonsumsi sesuatu yang manis-manis. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait dengan mengkonsumsi gula:

Seputar tentang Gula Dalam Kehidupan Anda Setiap Hari, berikut ini adalah cara menghindari makanan yang mengandung gula

Otak Anda Memerlukan Gula

Bahan bakar setiap sel dalam otak yaitu gula. Otak anda juga nampak gula sebagai "hadiah" untuknya. Hal tersebut kadang bikin anda tetap mau mengkonsumsi gula dalam jumlah yang sangat berlebihan. Apabila anda sering sekali makan banyak gula, anda akan menjadi sulit untuk menghilangkan kebiasaan itu.

Ketika Gula Rendah

Tubuh anda memerlukan gula untuk memindahkan glukosa dari aliran darah kedalam sel anda untuk energi. Untuk mengerjakan hal tersebut, pankreas memerlukan hormon insulin. Dampaknya, tingkat gula darah anda mungkin akan menurun dengan tiba-tiba. Perubahan yang cepat itu terkadang akan bikin tubuh anda gemetar dan bikin anda mencari sesuatu yang manis untuk dikonsumsi gunanya untuk memulihkan gula yang hilang dengan cepat tersebut.

Melatih Indra Perasa/Lidah Anda Untuk Tidak Merasakan Sesuatu Yang Begitu Manis

Anda tidak usah memakai gula sebanyak yang anda mau setiap hari. Bahkan, anda bisa melatih selera anda untuk menikmati hal-hal yang tidak begitu manis. Cobalah untuk mengurangi satu jenis makanan yang manis dan juga porsi makanan anda setiap minggunya, misalnya seperti mengurangi untuk mengkonsumsi kue manis sebagai makanan penutup sesudah makan malam, atau bisa juga mengurangi porsi gula pada kopi ataupun sereal yang anda konsumsi.
Seiring jalannya waktu, anda akan lebih terbiasa untuk menjaga porsi gula yang anda konsumsi sehingga keperluan anda untuk rasa manis dari gula bisa dibatasi.

Pilihlah Rasa Manis Yang Baik Bagi Anda

Anda semua tidak perlu menolak pada rasa manis, Tetapi anda semua bisa mendapatkan rasa manis dari sumber lain selain gula. Cobalah mengkonsumsi buah yang segar ataupun buah bubur oat meal. coba pula buah yang dikeringkan, dibekukan, ataupun buah kemasan dalam kaleng yang mempunyai kadar gula tambahan yang tidak terlalu banyak. Selain itu juga, segelas susu rendah lemak ataupun yoghurt rendah gula juga dapat menjadi pilihan anda.

Mengkonsumsi Protein

Mengkonsumsi protein merupakan salah satu cara yang sangat gampang untuk menekan kemauan anda untuk mengkonsumsi gula. Makanan yang tinggi akan protein akan dicerna lebih lambat. Hal tersebut bikin anda merasa kenyang lebih lama. Protein tidak bikin gula darah anda melonjak seperti yang dikerjakan karbohidrat olahan dan juga gula. Pilihlah protein, misalnya seperti ayam tanpa lemak, yoghurt tanpa lemak, telur, ataupun kacang-kacangan.

Isi Perut Anda Dengan Makanan Yang Mengandung Serat

Serat menolong anda melawan gula dalam banyak cara. Selain itu juga, serat juga bikin perut anda terasa penuh lebih lama. Terutama, makanan yang tinggi serat dan juga memberikan anda lebih banyak energi. Hal tersebut diakibatkan sebab serat tidak akan meningkatkan gula darah anda.

Rajin Berolahraga

Pada umumnya, berolahraga bisa bikin melenyapkan gula dan juga mengubah cara makan anda dengan berolahraga, anda akan mulai merasakan lebih baik dan mau untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat.

Kerjakanlah olahraga yang anda sukai, misalnya seperti berjalan kaki, bersepeda, ataupun berrenang selama sekitar 20 menit untuk langkah pertama, lalu ditingkatkan menjadi 30 menit pada suatu waktu. Laksanakanlah olahraga tersebut dengan rutin, paling lama tidak 5 hari dalam 1 minggu.

Batasi Mengkonsumsi Gula Atau Makanan Yang Manis-Manis

Madu, gula merah, serta jus tebu mungkin terdengar sehat. Tetapi, makanan tersebut tetap saja mengandung gula. Meskipun berasal dari sumber yang alami, Tetapi bisa mengakibatkan gula darah meningkat. Madu dan juga gula merah sedikit lebih tinggi nutrisinya, tetapi kalorinya masih rendah. Jadi, alangkah baiknya, anda membatasi untuk mengkonsumsi gula jenis tersebut.

Berapa banyak gula yang sebenarnya harus dikonsumsi? Gula yang baik untuk dikonsumsi yaitu gula yang porsinya tidak lebih dari 6 sdt (100 kalori) setiap hari bagi wanita, dan untuk pria maksimal 9 sdt (150 kalori) pada setiap harinya.

Harus anda ketahui, gula yang terkandung dalam makanan memiliki beberapa nama lain, jadi waspadalah!

Berikut ini adalah beberapa nama lain gula yang terkandung didalam makanan:
  • Sirup beras merah
  • Tinggi fruktosa sirup jagung
  • Dekstrosa
  • Sari tebu
  • Sirup agave
  • Laktosa
  • Sirup malt
  • Sukrosa
  • Glukosa
Hindarilah Makanan Yang Banyak Mengandung Gula Tersembunyi

Gula bisa bersembunyi didalam makanan dan anda juga tidak akan menduganya. Walaupun tidak terasa manis, Tetapi tetap mempunyai banyak gula, misalnya seperti pada saus tomat, saus barbeque, dan juga saus pasta. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk membaca label sebelum anda mengkonsumsi jenis makanan tertentu.

Nah, maka mulai dari sekarang anda semua perlu membatasi makanan yang manis-manis dan selalu menjaga kesehatan anda dengan baik, Apabila anda ingin hidup sehat maka anda semua harus bisa menjaga kesehatan anda dengan baik dan rajin-rajinlah berolahraga. Demikian artikel yang saya bagikan tentang Seputar tentang Gula Dalam Kehidupan Anda Setiap Hari semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.