Ada 10 Hal Yang Harus Dilakukan Sesudah Operasi Gigi Geraham Bungsu

Gigi paling belakang atau gigi molar tiga, yang biasanya disebut dengan gigi geraham bungsu, sering sekali mengakibatkan masalah-masalah pada masa pertumbuhannya sekarang ataupun nanti. Gigi yang tumbuh pada usia 17 hingga 21 tahun tersebut terkadang bikin gusi menjadi bengkak serta infeksi sehingga sangat mengganggu sekali. Tidak cuman itu saja, ada juga beberapa masalah lain yang dapat dimunculkan oleh gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan, misalnya seperti kista serta terdorongnya gigi yang berada disebelah gigi geraham bungsu.

Ada 10 Hal Yang Harus Dilakukan Sesudah Operasi Gigi Geraham Bungsu, berikut ini adalah 10 Hal Yang Harus Dilakukan Sesudah Operasi Gigi Geraham Bungsu

Impaksi atau gangguan pertumbuhan pada gigi geraham bungsu tersebut biasanya akan ditangani dengan pencabutan gigi tersebut. Keputusan untuk melakukan pencabutan pada gigi tersebut merupakan salah satu sebab resiko yang bisa dimunculkannya bisa lebih besar jika pencabutan gigi tersebut tidak dilakukan.

Operasi pencabutan bisa dikerjakan oleh seorang dokter ahli gigi ataupun dokter gigi spesialis bedah mulut pada masalah-masalah gigi geraham bungsu dengan kelainan posisi yang sangat ekstrim.
Pasien tidak usah khawatir dengan melakukan operasi atau odontektomi yang dikerjakan. Pasalnya, operasi gigi geraham tersebut merupakan salah satu operasi kecil dengan bius lokal yang dilakukan dalam waktu yang lumayan singkat, tergantung dari kondisi gigi dan juga kemampuan sang dokter gigi.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus anda perhatikan dan dilakukan sesudah operasi gigi geraham bungsu tersebut, yaitu adalah:
  1. Untuk memberhentikan perdarahan yang terjadi, pasien bisa menggigit kasa steril yang sudah diberikan oleh dokter gigi hingga darah berhenti, Jauhi berkumur-kumur dengan terlalu keras, serta hindari juga gerakkan menghisap dalam mulut.
  2. Kompres dingin pada bagian wajah, tempat yang dilakukan operasi, terlebih 3 hari pertama selama 30 menit gunanya untuk mengurangi pembengkakkan serta rasa nyeri.
  3. Konsumsilah makanan dengan tekstur yang lembut dan juga lunak.
  4. Tetap menyikat gigi dengan teratur.
  5. Perbanyaklah istirahat dan jangan sampai terlalu lelah.
  6. Hindarilah merokok selama periode penyembuhan luka.
  7. Hindarilah makanan serta minuman yang panas.
  8. Hindarilah untuk mengkonsumsi minuman yang beralkohol.
  9. Mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter dengan teratur dan juga sesuai dengan dosis yang disarankan.
  10. Kontrol ke dokter gigi dengan sesuai waktu yang dianjurkan.
Apabila terdapat keluhan yang dirasakan selain keluhan rasa sakit serta pembengkakan, misalnya seperti terjadi perdarahan, maka alangkah baiknya anda kembali lagi ke dokter gigi untuk memastikan keadaan yang anda alami supaya dokter bisa segera melakukan tindakkan lebih lanjut lagi. Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.