Apakah Berbahaya Gerhana Matahari Untuk Ibu Yang Sedang Hamil?

Gerhana matahari, fenomena yang satu ini memang sangat langka dan sering disangkutpautkan dengan ibu hamil. Katanya, jika ibu hamil keluar rumah ketika gerhana matahari, maka bisa membuat bayi lahir cacat ataupun terdapat tanda ditubuh bayi ketika bayi lahir. Hal tersebut dipastikan bisa mencemaskan dan juga merasa takut ntuk ibu-ibu hamil, apalagi kenyataannya belum sepenuhnya terbukti. Beberapa kepercayaan lainnya seputar tentang gerhana matahari yaitu:

Apakah Berbahaya Gerhana Matahari Untuk Ibu Yang Sedang Hamil?, penjelasannya seputar tentang Apakah Berbahaya Gerhana Matahari Untuk Ibu Yang Sedang Hamil?

  • Dilarang memakai pisau, gunting ataupun jarum. selama gerhana matahari berlangsung, sebab dianggap akan bikin bayi lahir dengan kelainan bibir sumbing.
  • Jauhi makanan dan juga minuman selama gerhana matahari berlangsung.
  • Alangkah baiknya tidak membuang makanan yang diolah sebelum gerhana matahari terjadi.
  • Menutup jendela dengan menggunakan koran ataupun tirai, sehingga cahaya dari gerhana matahari tidak dapat masuk kedalam rumah.
  • Perbanyaklah beristirahat selama gerhana matahari berlangsung.
  • Mandilah sesudah gerhana matahari berlangsung.

Hendaknya mitos-mitos yang ada diatas disikapi dengan wajar, sebab ada hal yang bisa membahayakan janin yang ada didalam kandungan bila dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya seperti tidak makan dan juga minum selama terjadi gerhana matahari. Tidak minum dalam waktu yang cukup lama bisa memicu terjadinya dehidrasi, sedangkan jika tidak makan bisa bikin ibu hamil menjadi pusing dan juga lemas.

Satu hal yang telah terbukti perlu dihindari selama gerhana matahari berlangsung yaitu tidak melihat gerhana dengan langsung sebab akan bikin kerusakkan pada mata. Hal tersebut tidak cuman berlaku untuk ibu hamil, Tetapi, untuk semua orang yang mau menyaksikan fenomena astronomi tersebut. Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.