Apakah Boleh Anak-Anak Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung?

Apakah Boleh Anak-Anak Melihat Gerhana Matahari Secara Langsung?, berikut ini adalah tips dan juga penjelasannya

Gerhana matahari merupakan salah satu peristiwa alam yang langka, sangat menarik untuk disimak. baik oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Gimana tidak, anak-anak yang sudah mendapatkan pengetahuan disekolahnya seputar tentang bagaimana terjadinya gerhana matahari sekarang bisa menyaksikannya langsung dengan membuktikan semua teori yang sudah didapatkannya disekolah.
Tetapi, apakah boleh gerhana matahari dilihat langsung oleh anak-anak?
Gerhana matahari tak boleh dilihat secara langsung dengan mata telanjang, baik dilakukan oleh orang dewasa, atau orang tua, apalagi anak-anak yang sel-sel matanya masih begitu sensitif terhadap cahaya.

Apakah pernah anda memproyeksikan sinar matahari kesebuah kertas memakai kaca pembesar? kertas itu lama kelamaan akan terbakar, begitu juga yang akan terjadi dengan mata jika melihat matahari dengan langsung.
Cahaya dan panasnya matahari yang sangat kuat bisa merusak sel-sel diretina, daerah yang penuh dengan saraf yang sangat penting untuk fungsi penglihatan. Sel retina ini tidak mempunyai saraf nyeri sehingga kita dapat saja tidak akan merasakan keluhan apapun, meskipun telah terjadi kerusakkan yang sudah permanen pada mata.

Apakah dengan memakai kacamata ataupun teleskop gerhana matahari bisa dipakai anak-anak untuk melihat gerhana matahari secara langsung? Jawabannya yaitu TIDAK.
Kacamata hitam, sekalipun dipakai secara berlapis-lapis, tidak bisa berfungsi sebagai pelindung mata dari pancaran sinar dan juga panas matahari. Ketika hendak melihat gerhana matahari langsung, anda cuman bisa memakai kacamata khusus yang diperuntukan untuk melihat gerhana matahari yang bisa berfungsi sebagai pelindung.

Begitu juga, dengan pemakaian teleskop untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Pasalnya, teleskop bisa memfokuskan cahaya matahari langsung keretina sehingga akibat yang dimunculkan bisa lebih berbahaya.
Gimana caranya supaya kita bisa menikmati gerhana matahari bersama anak-anak dengan aman?
Anak-anak mempunyai kecenderungan untuk melakukan hal yang dilarang. Hal tersebut dikarenakan sebab anak-anak masih dalam tahap belajar dan mengeksplorasi diri sendiri sehingga mempunyai rasa penasaran yang sangat tinggi.

Oleh sebab itu, berikanlah pengertian kepada anak-anak tentang bahaya yang dapat dimunculkan apabila melihat gerhana matahari secara langsung. Libatkan anak-anak dalam bikin alat yang dapat anda pakai bersama untuk menikmati gerhana matahari dengan aman sehingga anak-anak lebih tertarik untuk memakainya.

Salah satu alatnya yang sederhana yang bisa anda bikin untuk menikmati gerhana matahari dengan aman bersama dengan anak-anak yaitu proyektor pinhole.
Berikut ini adalah cara membuatnya:
  1. Ambilah kardus yang lumayan panjang, semakin panjang ukuran kardus maka akan semakin baik. Anda bisa melihat proyeksi matahari dengan lebih besar dan juga jelas. Kardus yang bisa anda pakai, misalnya seperti kardus lemari es.
  2. Buatlah lubang berbentuk persegi dibagian atas ataupun dibagian tutup kardus. Lapisilah lubang itu dengan menggunakan kertas aluminium foil.
  3. Lubangilah pada kertas aluminium foil itu memakai ujung pena yang sangat tajam.
  4. Lubangilah pula, sisi bawah atau area alas kardus. Letakkan kertas putih sekitar 1 meter dari sisi bawah kardus itu.
Ajaklah anak anda untuk ikut serta bikin proyektor pinhole sederhana tersebut. Tetapi tetap awasi anak-anak anda, khususnya ketika perlu memakai peralatan yang tajam, misalnya seperti cutter atau gunting. Buatlah perjanjian diawal bahwa gerhana matahari cuman bisa dilihat melalui alat tersebut sehingga anak-anak akan fokus terhadap proyektor pinhole yang baru saja selesai dibikin.
Ada sedikit trik tambahan, Pastikan punggung anak anda membelakangi matahari untuk menjauhi gerakkan refleksnya melihat secara langsung gerhana matahari. Mungkin cuman itu artikel yang bisa saya bagikan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua dan juga bisa mengetahui makna dari artikel yang ada diatas.