Apakah Boleh Jika Penderita Maag Mengkonsumsi Mie Instan?

Di negara kita indonesia, mie instan adalah salah satu makanan yang lumayan populer. makanan yang banyak dikonsumsi di kalangan masyarakat tersebut adalah jenis makanan yang dapat dibilang menjadi sebuah makanan favorit. Pasalnya, proses cara memasak mie instan tersebut relatif gampang. Selain itu juga, harganya juga sangat terjangkau dan rasanya juga sangat enak. Tetapi, mie instan ternyata memiliki berbagai efek yang kurang baik untuk kesehatan.
Di dalam sebuah video yang sedang tenar akhir-akhir ini, tergambar mie instan yang masuk kedalam lambung kemudian dicerna oleh tubuh. Kemudian, apa yang akan terjadi? ternyata setelah 2 jam, bentuk dari mie ini masih utuh. Hal ini membuktikan bahwa mie instan yang kita konsumsi adalah komponen yang sangat susah dicerna oleh tubuh kita. Sebab jika dikonsumsi dalam jumlah yang sangat banyak serta dalam waktu yang relatif sering, maka akan sangat merugikan bagi organ pencernaan kita, terlebih untuk lambung. Berikut ini penjelasannya.

Apakah Boleh Jika Penderita Maag Mengkonsumsi Mie Instan?, penjelasan dari pertanyaan berikut ini tentang Apakah Boleh Jika Penderita Maag Mengkonsumsi Mie Instan?

Mie instan mengandung kalori yang begitu tinggi, dan juga kandungan vitamin serta protein yang sangat sedikit. Selain itu juga, didalam mie instan juga terkandung bahan pengawet dan juga penyedap rasa yang bikin makanan tersebut menjadi enak sehingga bisa bikin orang ketagihan. Jika kita sering mengonsumsi mie instan, maka organ-organ saluran pencernaan kita perlu bekerja ekstra keras untuk memecah atau mencerna mie instan tersebut.
Seorang ahli yang bekerja di Institute for Nutrition of the Russian Academy of Sciences menyebabkan bahwa mengonsumsi mie instan dalam jumlah yang berlebihan bisa mengakibatkan luka dan juga peradangan pada lambung.

Di samping itu, mie instan juga mengandung bahan pengawet yang diberi nama tertiary-butyl hydroquinone atau biasa disingkat dengan (TBHQ). TBHQ merupakan salah satu bahan pengawet yang biasa disebut sebagai antioksidan, Namun, sangat penting untuk diluruskan bahwa bahan yang terkandung didalamnya bukanlah antioksidan natural, namun merupakan bahan kimia sintetis dengan propeti antioksidan. Bahan kimia ini mencegah oksidasi lemak dan juga minyak sehingga bisa mencegah makanan supaya tidak cepat tengik.

TBHQ sesungguhnya aman untuk dikonsumsi jika tidak lebih dari 0-0.5 mg/kgBB. akan tetapi, meskipun terdapat batas aman, akan lebih baik jika kita tidak mengkonsumsinya sama sekali. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi bahan-bahan yang mengandung TBHQ tersebut akan mengakibatkan akumulasi didalam lambung dan juga bisa mengiritasi dinding lambung.

Apa yang akan terjadi kemudian? Akan muncul keluhan mual, muntah, telinga berdenging, bahkan juga bisa menurunkan kesadaran. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, tubuh masih dapat mengeliminasi TBHQ secara baik, namun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak maka akan berdampak buruk pada organ pencernaan, liver, organ reproduksi, dan juga otak. Jadi, untuk anda yang menderita penyakit maag, mengkonsumsi mie instan bukanlah suatu pilihan yang bijak. Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.