Kesalahan Ketika Mandi Yang Bikin Kulit Anda Rusak

Kesalahan ketika mandi kerap bikin kulit menjadi rusak. Mandi adalah kegiatan yang sangat menyegarkan serta akan membawa manfaat jika anda mengerjakannya dengan tepat dan juga benar. Tetapi, tanpa disadari, terdapat beberapa hal yang justru bikin manfaat mandi menjadi tidak optimal dan malah memicu terjadinya kerusakkan pada kulit. Kesalahan ketika mandi dan juga hal-hal yang harus diberi perhatian ekstra, antara lain sebagai berikut:

Kesalahan Ketika Mandi Yang Bikin Kulit Anda Rusak, cara merawat kulit agar tidak kering


1. Waktu Mandi

Mandilah pada pagi hari sesudah bangun tidur dan juga sesudah melaksanakan aktivitas sehari-hari, alangkah baiknya mandi dilakukan sebelum tidur supaya tidur anda menjadi lebih nyaman.
Kesalahan umum ketika mandi yang kerap terjadi yaitu mandi terlalu lama, atau bahkan tidak mandi seharian. Padahal, anda perlu memperhatikan lamanya waktu anda untuk mandi. Mandi dengan waktu yang cukup lama memang bisa bikin kita rileks dan juga segar, Tetapi waktu yang dianjurkan pada saat mandi yaitu tidak melebihi waktu dari 10 menit. Jika hal tersebut terjadi, anda perlu waspada, sebab hal tersebut bisa mengorbankan waktu aktivitas lain bila anda mempunyai sejumlah kegiatan lain yang dilakukan sesudah mandi.

Selain itu juga, mandi dengan waktu yang terlalu lama juga bikin kulit menjadi kering, dan anda akan boros dalam memakai air. Air yang terbuang pada saat anda mandi berlama-lama bisa lebih banyak daripada air yang benar-benar terpakai untuk membersihkan tubuh anda.

2. Perhatikanlah Air Yang Dipakai

Pakailah air dengan suhu yang hangat atau suam-suam kuku. air yang terlalu panas bisa menyingkirkan lapisan minyak alami kulit, bikin kulit menjadi lebih kering serta gampang iritasi. Selain itu juga, air yang terlalu panas juga akan bikin rambut menjadi kering.

3. Peralatan Mandi

Jika anda mandi memakai loofahl scrub, pakailah loofahl atau scrub secara lembut. Jauhi menggosok terlalu bertenaga sebab alih-alih kulit menjadi bersih. Dengan mengosok terlalu bertenaga, kulit justru akan menjadi iritasi. Selain itu juga, janganlah berbagi alat yang anda pakai untuk mandi dengan orang lain sebab resiko bakteri, kuman, serta jamur yang lainnya akan menempel.

Untuk pemakaian sabun, pilihlah sabun yang berpelembap sebab kulit anda senantiasa terjaga dan juga terrawat kesehatannya, Tetapi hal tersebut perlu disesuaikan dengan jenis kulit anda. Sabun yang tidak mengandung pelembap cenderung bikin kulit lebih kering. Sesudah anda memakai sabun diseluruh sabun anda, basuhlah sabun yang ada ditubuh anda sampai bersih, terlebih dibagian lipatan-lipatan tubuh, supaya tidak menjadi tempat berkembangbiaknya kuman.
Untuk shampo dan juga conditioner, pakai pada rambut dengan merata dari akar sampai ke ujung rambut. Setelah itu, cucilah selama 30 sampai 60 detik lalu bilas sampai bersih, terutama dibagian belakang leher dan juga dibagian belakang telinga.

4. Kondisi Sesudah Mandi

Keringkan kulit dengan menggunakan handuk dengan lembut sampai kering dan jangan menggosoknya terlalu keras. Selain itu juga, oleskanlah losion pada kulit yang terasa lembap, kemudian biarkanlah kulit kering dengan sendirinya sebab udara. Keadaan kulit sesudah mandi akan lebih efektif dalam menyerap manfaat dari losion yang anda pakai.

Nah, maka dari itu kita harus bisa menjaga kulit kita agar tetap sehat dan tetap terjaga, Kesalahan ketika mandi kerap terjadi dan juga bikin kulit rusak. Mungkin cuman itu artikel yang bisa saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua dan juga bisa menambah pengetahuan kita tentang dunia kesehatan.