Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan Tubuh, khasiat buah buni bagi kesehatan

Bisa jadi anda mengetahui buah buni cuman sebagai buah campuran rujak uleg. Rasanya yang begitu manis, asam, dan juga segar, serta cenderung sepat. bikin buah berwarna merah-ungu tersebut sangat pas sebagai pelengkap untuk rujak. Buah buni adalah salah satu buah bacca, atau berry. dengan nama latinnya Antidema thawaitesianum. sekilas buah tersebut hampir serupa dengan buah anggur, bentuknya yang bulat dan juga kecil serta berkelompok. Buah buni yang sudah matang dapat langsung dikonsumsi ataupun diolah menjadi selai. Untuk anda yang menyukai lalapan, daun dari buah buni muda akan bikin lalapan terasa enak.

Kandungan Dari Buah Buni

Kandungan buah buni mempunyai gizi serta fitonutriennya yang lumayan tinggi. Buah buni mengandung banyak sekali nutrisi misalnya seperti vitamin C, provitamin A atau biasa disebut dengan karotenoid, vitamin B1, Vitamin E, vitamin B2, Mineral besi, dan juga fosfor, kalium serta serat-serat, Alkaloida serta Friendelin.

Warna ungu dan agak sedikit kehitaman pada buah buni yang sudah matang melihatkan bahwa antosianin yang tinggi dalam buah tersebut. Keberadaan senyawa aktif antosianin bernilai sangat penting bagi kesehatan pembuluh darah. Antosianin berfungsi dengan cara mengoksidasi kadar LDL atau biasa disebut dengan lemak jahat dalam tubuh. Para herbalis menyebutkan bahwa buah buni sebagai obat penyakit-penyakit misalnya seperti kurang darah, hipertensi, darah kotor, batuk, jantung, gangguan pencernaan serta gangguan yang lainnya.

Walaupun sekarang cuman dijumpai digerobag tukang rujak, tetapi buah tersebut mempunyai banyak khasiatnya. Buah tersebut mulai langka, tetapi khasiat buah buni telah dikenal lama, Berikut ini adalah beberapa manfaat-manfaat buah buni:

1. Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dengan dosis yang tinggi pada buah buni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Buah tersebut juga sangat kaya akan serat yang bisa menjaga kesehatan saluran pencernaan dan juga mencegah terjadinya kanker usus atau biasa disebut dengan Colon. Buah buni bisa dikonsumsi dengan langsung maupun dicampur dengan olahan makanan.

2. Menjaga Kekebalan Tubuh

Buah buni sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh serta bisa juga sebagai antioksidan tubuh. konsumsilh buah buni sesudah kerja keras akan bisa menyegarkan tubuh.

3. Kesehatan Mata

Kandungan provitamin A didalam buah buni sangat baik untuk melindungi kesehatan indra penglihatan anda serta mencegah teradinya resiko mata rabun pada usia dini. Buah buni bisa dikonsumsi langsung ataupun diolah menjadi makanan yang lainnya.

4. Mengobati Penyakit Sifilis

Walaupun belum diketahui pasti riset-riset tentang buah buni, tetapi fungsi dari buah buni tersebut telah dikenal sejak lama unyuk mengobati penyakit sifilis.

5. Memperlancar Saluran Pencernaan

Buah buni sangat kaya akan serat, konsumsilah buah buni dengan teratur akan mengisi kurangnya serat dalam tubuh kita. Sangat pas dikonsumsi untuk anda yang mengalami masalah pencernaan. Buah buni bisa untuk melancarkan saluran pencernaan dan juga mencegah konstipasi.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Buah buni dapat juga berguna sebagai buah yang mempunyai fungsi antioksidan untuk mencegah penyakit kanker dan juga mencegah penuaan dini. Adanya zat antioksidan memiliki kelebihan menangkal efek radikal bebas, mencegah serta mengurangi tumbuhnya sel-sel kanker.

7. Peremajaan Kulit

Kandungan vitamin E dan juga vitamin C akan berkhasiat menjaga kesehatan kulit karena akan menambah proses degenerasi, menutrisi kulit, dan juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit akan terlihat lebih halus, kencang, bersinar, dan juga putih.

8. Mencegah Hipertensi

Buah buni dapat berkhasiat untuk anti hipertensi serta kesehatan jantung. penggunaan secara rutin akan menghindari resiko darah tinggi, kerja jantung yang abnormal, dan juga aterosklerosis. Buah buni juga dapat dikhasiatkan untuk penderita kurang darah atau biasa disebut dengan anemia.

9. Mencegah Kolesterol

Buah buni dapat berkhasiat mencegah kolesterol yang tinggi. Pnggunaan dengan rutin akan menurunkan resiko kolesterol tinggi serta menurunkan lemak.

10. Mengobati Gatal-Gatal Serta Bisul

Sifat anti-inflamsi serta diuretik alami pada buah buni bisa menangani berbagai macam penyakit kulit. misalnya seperti gatal-gatal sebab alergi, gatal sebab gigitan nyamuk, jerawat, bisul, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah buni dapat sebagai obat luar misalnya untuk luka dan juga gatal-gatal. Oleskanlah daun ataupun buah buni yang telah dihaluskan/ditumbuk ke area yang luka.

11. Bahan-Bahan Olahan

Buah buni banyak sekali digunakan sebagai bahan olahan yang diolah misalnya seperti selai, sirup, manisan, salad, campuran rujak, jamu, ataupun lalapan.

Giaman Cara Anda Menyediakan Buah Buni?

1. Dikonsumsi Langsung

Buah buni matang kurang lebih sekitar 30-40 buah dapat untuk buah cemilan. Buah buni dicuci hingga bersih lalu dibuang bijinya. Daging buahnya dapat langsung dikonsumsi. Buah buni juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan rujak uleg, dapat juga diawetkan sebagai manisan, maupun dibikin menjadi sirup yang dapat ditaruh didalam botol. atau dapat juga diolah dalam bentuk pasta untuk bahan selai buah buni. Jika akan dipakai untuk pengobatan, dapat langsung dikonsumsi 3x2-3 butir dalam waktu sehari. Minumlah air hangat ataupun air putih untuk menetralisir rasa sepat yang timbul didalam mulut.

2. Tumbuklah Seperti Jamu

Buah ataupun daun tanaman buah buni dapat ditumbuk untuk diolah menjadi ekstrak jamu/herbal.

3. Diseduh

Buah buni diambil bagian dagingnya saja, lalu ditumbuk dalam alu-lumpang sampai lembut.
Tambahkan dengan air yang hangat-hangat kuku. Kemudian minumlah selama 2-3 kali sehari, Jika perlu diulang maka lakukanlah. Ampas sisa seduhan dapat digunakan untuk obat luka, dengan cara menempelkannya diarea yang luka.

4. Paduan (Mix)

Buah buni dapat dicampurkan dengan bahan-bahan yang lain untuk obat penyakit-penyakit tertentu, Ramuan herbal digunakan untuk.
Kesehatan Tubuh. Campurkanlah buah buni, daun sembung, daun kaca piring, rimpang jahe, serta kayu manis.
Penyakit Kurang Darah. Campurkan buah buni, lalu campurkan asam kandis, dan juga rimapng kunyit.
Penyakit Sifilis. Campurkan buah buni dengan daun sambiloto, daun pegagan, dan juga daun ngokilo. masing-masing diminum dengan ditambahkan madu sebagai pemanis ataupun gula aren. Lalu tumbuk hingga halus, setelah itu saring kemudian peras lalu minum dengan air hangat. Lakukanlah 3x dalam sehari selama 10 sampai 12 hari berturut-turut.
Nah, itulah beberapa manfaat dari buah buni, dan demikian artikel yang saya bagikan kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda semua serta bisa menambah pengetahuan anda tentang manfaat buah-buahan.