Manfaat Buah Pir Serta Kandungan Gizinya Untuk Tubuh

Manfaat Buah Pir Serta Kandungan Gizinya Untuk Tubuh, khasiat dari buah pir untuk kesehatan tubuh

Buah pir adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari kawasan negara Eropa barat, walaupun begitu negara kawasan Asia sekarang ini telah banyak membudidayakan tanaman buah tersebut serta memproduksinya untuk memenuhi keperluan dinegara sendiri. Buah pir yang sudah matang, berwarna kuning dengan bintik-bintik kecokelatan yang samar pada kulitnya. Rasa buahnya yang manis dan keasaman ini menjadikannya sangat segar untuk dikonsumsi ketika siang hari yang sangat terik.
Tetapi, apa mengkonsumsi buah pir itu memberikan manfaat? Berikut ini penjelasannya tentang manfaat buah pir.

Manfaat Dari Buah Pir Untuk Tubuh

Pir memberikan sejumlah serat yang diperlukan, mempunyai serat dan juga anti-oksidan menolong melawan banyak masalah kesehatan yang meningkatkan imunitas tubuh. Beberapa khasiat dari buah pir yang sangat penting untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan, Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Menyehatkan Pencernaan

Satu buah pir yang ukurannya sedang-sedang saja mengandung 5,5 gram serat, dengan jumlah harian kurang lebih sekitar 21 sampai 38 gram. Pada saat mengkonsumsi banyak serat, sistem pencernaan didalam tubuh bekerja dengan cara yang sebenarnya. Serat menolong tubuh untuk menyerap vitamin dan juga mineral dari makanan. Hal tersebut juga menolong mencegah dan juga meringankan sembelit dan juga bisa mencegah penyakit wasir, sehingga masalah pencernaan berbahaya misalnya seperti kanker usus besar bisa dijauhi.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Satu buah pir yang berukuran sedang memasok 212 miligram kalium. Kalium merupakan mineral yang menolong jantung supaya berdetak dengan normal serta membuat otot-otot bekerja dengan cara yang sebenarnya. Anti Karsinogen glutathione serta anti oksidan hadir dalam pir untuk menolong dalam mengendalikan tekanan darah.

3. Mencegah Penyakit Stroke

Satu buah pir dalam waktu setiap hari memungkinkan tubuh untuk mencegah terjadinya penyakit stroke. Sebuah artikel pada tahun 2011 yang dipublikasikan oleh American Heart Association melaporkan bahwa mengkonsumsi satu buah pir dalam 1 hari bisa mengurangi resiko stroke sebanyak 52% . Pir juga mungkin memotong resiko kematian akibat penyakit jantung. Sebuah artikel pada tahun 2007 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition mencatat bahwa flavonoid dalam buah pir bisa menurunkan resiko penyakit jantung, dan juga kematian yang berhubungan dengan penyakit jantung.

4. Meningkatkan Imunitas

Buah pir mengandung 7,5 miligram vitamin C, yaitu kurang lebih 10% dari keperluan harian. Vitamin C menolong mencegah infeksi serta menjaga sistem kekebalan tubuh yang sangat kuat. Kandungan anti-oksidan yang lumayan tinggi contohnya seperti vitamin C serta membantu tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit. Hal tersebut serupa baiknya dengan mengkonsumsi buah-buahan misalnya seperti buah jeruk, buah lemon, dan juga buah strawberry.

5. Untuk Menyapih Anak-Anak

Menyapih anak-anak memang selalu dianjurkan untuk memberikan buah pir sebab hypoallargenic. Rasa buah asam yang rendah, tidak menimbulkan masalah pencernaan. Buah tersebut bisa dikupas, dipanaskan dan juga dibuat menjadi bubur. Kulitnya juga bisa dimakan tapi sangat penting untuk waspada, dengan tidak mempunyai ujung yang keras yang dapat menyakiti mulut anak-anak. Buah pir tidak boleh diberikan kepada anak-anak yang sedang diare.

6. Mencegah Terjadinya Osteoporosis

Masalah tulang sangat sering terjadi sekarang ini, sehingga sangat penting untuk menjaga tulang yang sehat dan juga mencegah terjadinya osteoporosis. Menjaga pH tubuh bisa dipertahankan melewati diet dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran setiap hari. Lalu buah pir juga kaya akan boron bisa membantu menyerap kalsium yang dikonsumsi dengan gampang misalnya seperti pada susu.

7. Gizi Untuk Ibu Yang Sedang Hamil

Asam folat sangat penting sekali untuk wanita hamil untuk menjaga, supaya bayi tidak mengalami cacat lahir. Hadirnya asam folat dalam buah pir bisa membantu masalah tersebut, dan juga disarankan untuk mengkonsumsinya dengan teratur selama kehamilan.

8. Menangani Kulit Berminyak

Mempunyai kulit berminyak memang memerlukan perawatan ekstra, Tetapi buah pir bisa sungguh-sungguh berkhasiat untuk kulit yang berminyak. Hancurkanlah buah pir, lalu campurkan krim segar dan juga madu. setelah itu pakailah pasta tersebut 3 kali dalam seminggu sebagai masker wajah. seluruh sekresi kelenjar yang mengandung minyak yang berada dikulit akan berkurang.

9. Mengatasi Jerawat

Buah pir mengandung kadar vitamin, mineral penting yang cukup tinggi. Buah tersebut bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih kuat dengan internal. Akibatnya, kulit menjadi bisa melawan jerawat serta semua jenis infeksi kulit dari dalam.

10. Melembabkan Kulit

Buah pir tidak cuman baik untuk kulit berminyak saja, Namun, juga baik untuk kulit yang kering dan juga bersisik. Buah pir mengandung humektan alami, yang menolong menyeimbangkan kandungan air yang normal pada kulit serta mempertahankan kelembaban alaminya. Oleh sebab itu, ekstrak buah tersebut dengan luas dipakai dalam pembuatan lotion pelembab.

Kandungan Gizi Dalam Buah Pir

Buah pir sangat kaya akan antioksidan penting, flavonoid serta serat makanan. kata database USDA Nutrient Nasional, satu buah pir ukuran yang sedang kurang lebih sekitar 178 gram, mengandung:
  • Mengandung 101 kalori.
  • Mengandung 0 gram lemak.
  • Mengandung 27 gram karbohidrat, termasuk 17 gram gula dan juga 6 gram serat.
  • Mengandung 1 gram protein.
Mengkonsumsi 1 buah pir ukuran sedang akan memberikan 12% dari keperluan vitamin C harian, dan juga 6% dari kalium, 10% vitamin K, serta jumlah yang lebih kecil dari kalsium, zat besi, riboflavin, magnesium, vitamin B-6 dan juga folat.

Potensi Resiko Kesehatan Buah Pir

Buah-buahan seperti dalam manfaat buah apel dan juga buah pir mengandung jumlah total fruktosa yang lebih tinggi daripada dengan glukosa dipercaya, Diet tinggi FODMAP bisa meningkatkan gas, perut menjadi kembung, sakit serta diare pada orang yang menderita gangguan iritasi usus besar. FODMAP merupakan singkatan difermentasi, oligo, Di-dan Mono-sakarida serta Polyols, segala bentuk fermentasi karbohidrat rantai pendek.

Diet keseluruhan ataupun pola makan dengan keseluruhan yaitu paling penting dalam pencegahan penyakit, untuk mencapai kesehatan yang sangat baik. Alangkah baiknya untuk mengkonsumsi berbagai jenis manfaat sayuran dan juga buah-buahan, daripada cuman berkonsentrasi pada salah satu jenis makanan saja. Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua.