Manfaat Dari Buah Blewah Bagi Kesehatan

Manfaat Dari Buah Blewah Bagi Kesehatan, khasiat dari buah blewah untuk kesehatan tubuh

Buah Blewah adalah salah satu buah yang kerap muncul pada bulan ramadhan. Selain menyegarkan, blewah mempunyai keistimewaan tersendiri bagi kesehatan tubuh. Buah yang serupa dengan buah melon tersebut, adalah tumbuhan yang banyak ditemui dinegara Asia Tenggara. Buah blewah biasa dikonsumsi dengan cara dijadikan campuran minuman. Bahkan, ada pula yang memanfaatkannya dengan cara dibuat kolak sama seperti labu. Harganya yang terjangkau, lezat tetapi berkualitas tersebut, membuat banyak sekali orang yang menginginkannya.

Kandungan Yang Ada Didalam Buah Blewah

Khasiat dari buah blewah itu sendiri sangat banyak mengandung gizi. Buah blewah diketahui mempunyai mineral dan juga vitamin serta serat makanan yang mempunyai banyak manfaat bagi meningkatkan daya tahan tubuh. Dari Journal of Food Science menyelidiki bahwa, dari 100 gram buah blewah rata-rata mengandung:
  • Vitamin A - 33821U (mencukupi sampai 68% keperluan harian vitamin A)
  • Vitamin C - 36,7 mg (mencukupi 61% keperluan harian vitamin C)
  • Mineral Kalium - 267 mg (mencukupi 8% keperluan harian kalium)
  • Folat - sebanyak 21 mcg (mencukupi 5% keperluan harian akan folat)
  • Magnesium - sekitar 12,69 mg
  • Mangan - sekitar 0,03 mg
  • Tembaga - sekitar 0,05 mg
  • Seng - sekitar 0,10 mg
  • Kobalt - sekitar 0,003 mg
  • Krom - sekitar 0,005 mg
Dari kandungan yang bernilai gizi ini, timbullah keistimewaan buah blewah tersebut. Pasti manfaatnya sangat begitu dirasakan untuk yang rutin mengkonsumsinya. Ada pula manfaat buah blewah diantaranya sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Buah blewah bisa menurunkan berat badan, karena buah blewah mempunyai kandungan yang rendah gula dan juga kalori. Oleh sebab itu, buah blewah sangat baik bila dikonsumsi ketika menjalani program diet, yang sekaligus bisa untuk menjaga kesehatan tubuh.

2. Meringankan Tekanan Darah

Dalam buah blewah terkandung potasium, vitamin C, dan juga kalium bisa menolong dalam menurunkan tekanan darah, disamping itu pula bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah. Bahkan buah tersebut tidak mempunyai kandungan kolesterol sama sekali. Oleh sebab itu, blewah tersebut sangat aman untuk penderita yang mempunyai masalah kolesterol serta terjadinya penyakit tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kolesterol

Tingginya vitamin C dalam manfaat buah blewah dapat meringankan kolesterol dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C tersebut pula berkhasiat untuk mencegah pembekuan darah serta bisa memperkuat dinding kapiler.

4. Mencegah Terjadinya Penyakit Jantung

Khasiat buah blewah mempunyai vitamin C yang sangat tinggi. dan dianggap bisa mencegah penyakit jantung. bahkan bisa menjaga kesehatan paru-paru dan juga pembuluh darah. Recommended Dietary Allowance atau biasa disebut dengan RDA sendiri menganjurkan kita supaya mengkonsumsi betakaroten, kurang lebih sekitar 5-6 mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan ini bisa dirasakan dengan mengkonsumsi buah blewah tersebut, dengan teratur sehingga jantung tetap sehat.

5. Mencegah Resiko Penyakit Kanker

Bila kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi misalnya seperti betakaroten, Vitamin C serta Asam folat, maka bisa berresiko terkena kanker rahim, Tetapi, bila mengkonsumsi buah blewah, maka penyakit kanker akan bisa dicegah karena buah blewah mempunyai 3 nutrisi penting ini.

6. Menangani Insomnia

Buah blewah mempunyai sifat sedatif yang mana sifat tersebut sangat berkhasiat untuk insomnia. Sifat sedatif tersebut serupa halnya dengan obat tidur. Jadi untuk penderita insomnia, Sebaiknya untuk mengkonsumsi buah blewah supaya tidak menangkal insomnianya itu. Selain itu, cokelat pula memberikan efek ketenangan yang akan memudahkan kita cepat tidur.

7. Menangani Penyakit Maag

Mengkonsumsi buah blewah dengan teratur bisa menangani kurang nafsu makan dan juga maag. Apalagi bila dihidangkan dalam bentuk jus, maka penyakit maag akan lebih gampang teratasi sebab menjadi lebih gampang untuk dicerna.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah blewah bisa menjaga kesehatan mata yang merupakan andra penglihatan untuk tubuh, bila dikonsumsi dengan rutin. Selain itu, vitamin A juga berfungsi untuk mencegah efek radikal bebas akibat udara yang sudah ternodai.

9. Memelihara Kesehatan Kulit

Kombinasi vitamin A dan juga vitamin C yang terdapat dalam buah blewah, maka buah tersebut mempunyai kemampuan bagi memelihara kesehatan kulit bahkan bisa mencegah penuaan dini. Apalagi vitamin C ini pula bisa menolong sintesis kolagen. Seperti yang kita tahu, radikal bebas tidak pernah berhenti menyerang kulit kita. Sebabnya vitamin A, vitamin C dan juga vitamin E tersebut, sangat diperlukan sebagai penangkalnya. Buah blewah tersebut mengandung banyak sekali vitamin anti radikal itu.

10. Menyehatkan Janin

Khasiat buah blewah mengandung asam folat, yang diperlukan oleh janin yang sehat. kandungan folat yang sangat tinggi pada buah blewah tersebut, menolong untuk menjaga serta memproduksi sel-sel baru yang sangat penting sekali untuk wanita hamil demi kesehatan ibu dan juga pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan ibu.

11. Melancarkan Pencernaan

Mengkonsumsi buah blewah bisa menolong pencernaan dan juga bisa menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran kandung kemih. Karena, buah blewah mempunyai vitamin A dan juga serat makanan dalam buah ini.

Nah, tanpa kita semua ketahui dan juga sadari, ternyata buah blewah sangat banyak sekali kandungan manfaatnya, contohnya seperti yang ada diatas. Dengan mengkonsumsi buah blewah tersebut maka tubuh kita akan sehat dan juga tidak akan mudah terserang penyakit. Mungkin hanya ini artikel yang dapat saya bagikan kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda semua serta anda semua bisa mengambil manfaatnya dari artikel yang ada diatas.