Manfaat Dari Buah Kasturi Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Dari Buah Kasturi Bagi Kesehatan Tubuh, khasiat dari buah kasturi untuk tubuh kita

Buah kasturi adalah salah satu tanaman yang khas dari kalimantan sehingga kebanyakan orang yang mengatakan sebagai mangga kalimantan. Tanaman buah kasturi yang mempunyai nama latin Mangifera casturi, Pada awalnya bersifat enemik (cuman ada) dalam hutan disekeliling kota banjarmasin dikalimantan. Tetapi, sebab banyaknya masalah penebangan hutan, tanaman ini sudah lumayan susah untuk ditemukan/dicari  dikawasan hutan dikalimantan. Hal tersebut bikin tanaman tersebut sudah masuk kedalam daftar Internasional Union for Consercation of Nature atau biasa disebut dengan singkatan IUCN sebagai tumbuhan yang sudah punah Extinct in the Wild. Maksud dari punah disini adalah, tanaman tersebut tidak bisa ditemukan lagi dihabitat aslinya serta cuman bisa ditemukan diperkebunan ataupun dikawasan konversi.

Ciri-Ciri Dari Tanaman Buah Kasturi
Tinggi dari pohon mencapai 25 meter dengan diameter batang yang lumayan besar yaitu sekitar 40 sampai 110 cm.
Warna kulit kayunya ada yang putih keabu-abuan dan juga yang cokelat terang.
Bentuk daunnya lanset serta berujung runcing.
Warna daun mudanya yaitu Ungu tua.
Pada Umumnya, buah kasturi menyerupai buah mangga Tetapi mempunyai ukuran yang lebih kecil dan juga beratnya sekitar 50-84 gram. Buah kasturi mempunyai 3 jenis buah yaitu:

1. Buah kasturi, jenis buah yang menghasilkan buah yang berbentuk bulat telur yang berwarna hijau berbintik hitam pada saat muda dan pada saat sudah tua berubah menjadi warna kehitaman.
2. Cuban. jenis yang serupa dengan buah kasturi tetapi buahnya berwarna kemerahan dan juga tidak menjadi hitam pada saat tua. Kulit buahnya lebih gampang dipisahkan dari daging buahnya yang warnanya kuning orange.
3. Asam Pilipisan, jenis buah kasturi yang mempunyai buah berwarna hijau pucat serta berbintik hitam, Tetapi pada saat tua, akan tetap berwarna hijau. Buah kasturi jenis tersebut mempunyai serat yang jauh lebih banyak serta warna daging buahnya berwarna hijau orange kekuningan.

Walaupun ukuran buahnya kecil, tetapi buah kasturi mempunyai aroma yang sangat harum dan juga rasanya yang enak sehingga banyak digemari oleh masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di kota kalimantan selatan. Selain rasa buahnya yang enak, ternyata buah kasturi mempunyai banyak manfaat yang beberapa diantaranya yaitu:

1. Mempunyai Nutrisi Yang Baik

Buah kasturi mempunyai nutrisi yang baik dan juga berkhasiat. Nutrisi tersebut diantaranya adalah:
Sukrosa sebanyak 7,93% - Sukrosa memberikan rasa yang manis pada buah kasturi sehingga dapat dipakai sebagai pemberi rasa manis pada makanan misalnya seperti pada kue.
Lemak yang rendah sebab cuman berjumlah sekitar 0,44%
Protein yang terkandung lumayan banyak adalah sekitar 1,20%
Vitamin A dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu kurang lebih 6069, 29 IU
Vitamin C sejumlah 81,40%
Kadar air yang cukup tinggi sebanyak 81,40%
Vitamin E dan juga mineral lainnya sejumlah kecil seperti zat besi.
2. Kaya Akan Vitamin

Kandungan dalam buah kasturi sama dengan buah mangga, didalam buah kasturi terdapat vitamin yang baik bagi tubuh misalnya seperti vitamin C, vitamin A, dan juga vitamin E. Vitamin C sangat baik untuk menolong mempertahankan kesehatan tubuh sehingga tidak gampang terkena penyakit serta terhindar dari sariawan. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu juga, vitamin C dan juga vitamin A adalah sumber kalium untuk menolong menjaga tekanan darah, kontraksi otot, serta menjaga proses organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Sementara vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah kasturi salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan kulit sebab sangat kaya akan antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas akibat udara yang tercemar dengan polusi. Selain itu juga, Alpa Hydroxyl Acid atau biasa disebut dengan AHA yang banyak sekali terdapat dikulit buah kasturi bisa menolong peremajaan kulit dan juga mempercepat pengelupasan sel-sel kulit yang sudah mati.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Buah kasturi adalah salah satu jenis mangga dan serupa dengan jenis mangga yang lainnya. buah kasturi mengandung banyak sekali komponen penting yang bisa mencegah penyakit kanker. Selain antioksidan, senyawa penting lainnya yang menolong berfungsi mecegah kanker yaitu asam galat, astragalin, filsetin, kuersentin, serta matilgallat.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Rasa asam pada buah kasturi diproduksi dari beberapa asam yang terkandung terutama asam sitrat. Komposisi asam pada kasturi kurang lebih sekitar 0,31% hingga 0,71%. Selain rasanya yang asam, terdapat rasa manis yang saling berkombinasi. Kombinasi rasa itulah yang merangsang nafsu makan semakin bertambah.

6. Sangat Aman Bagi Penderita Hipertensi

Mangga kalimantan mempunyai banyak sekali mineral misalnya seperti zat besi, magnesium, kalium, potasium, fosfor, seng, tembaga, selenium, dan juga mangan. walaupun jenisnya banyak Tetapi mineral ini masih dalam jumlah yang lebih sedikit daripada dengan kadar vitamin yang ada.
Tetapi salah satu keunggulannya yaitu mangga kalimantan tersebut yaitu rasio antara natrium serta kalium masih dalam jumlah yang jauh lebih rendah. Oleh sebab itu, sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

7. Sumber Energi

Daging mangga mengandung khasiat karbohidrat dalam bentuk selulosa, gula, dan juga pati. sederhana berupa glukosa dan juga fruktosa. Gula yang terdapat pada buah selain berguna untuk memberikan rasa manis, juga berfungsi sebagai sumber energi yang bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh kita.

8. Menjaga Saluran Pencernaan

Buah-buahan sangat kaya akan dengan serat alami menjadikan buah tersebut pantas untuk menjaga saluran pencernaan kita, termasuk khasiat dari buah kasturi tersebut.

9. Menambah Sistem Imun

Musim pancaroba yang menjadi musim sakit bisa dilewati dengan aman bila rajin mengkonsumsi mangga sebab adanya kandungan nutritional, kaya akan vitamin, dan juga karotenoid.

10. Mengoptimalkan Kesehatan Mata

Khasiat dari buah kasturi mempunyai karoten yang tinggi sebab warna buah dagingnya yang orange. Karoten dan juga vitamin A memberikan dampak positif bagi kesehatan mata.

11. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan misalnya seperti gangguan kesehatan jantung dan juga hati. Buah mangga terutama buah kasturi sangat pas dijadikan sebagai daftar menu patut dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat.

Dengan keseluruhan, khasiat dari buah kasturi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh kita. Oleh sebab itu, buah kasturi pantas untuk kita jadikan sebagai menu harian. Demikian artikel yang kali ini saya bagikan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita semua dan semoga kita semua bisa mengambil makna dari artikel yang ada diatas.