Sakit Tenggorokan (faringitis)


Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan (faringitis) biasanya gejala dari infeksi bakteri atau virus, seperti flu biasa. Dalam sekitar sepertiga dari kasus, tidak ada penyebab untuk sakit tenggorokan dapat ditemukan.

Jika Anda sakit tenggorokan, Anda mungkin juga memiliki:

    
amandel bengkak (tonsilitis)
    
membesar dan lembut kelenjar di leher Anda
    
ketidaknyamanan saat menelan

Jika sakit tenggorokan Anda disebabkan oleh bakteri atau virus, Anda juga mungkin mengalami gejala yang berhubungan dengan kondisi infeksi yang umum, seperti:

    
suhu tinggi (demam) dari 38 C (100.4F) atau lebih
    
nyeri otot atau kelelahan
    
sakit kepala
    
batuk
    
pilek

Mengobati sakit tenggorokan

sakit tenggorokan yang umum, terutama pada anak-anak dan remaja. Hal ini karena orang-orang muda belum membangun resistensi (kekebalan) terhadap banyak virus dan bakteri yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan.

Kebanyakan sakit tenggorokan tidak serius dan biasanya melewati tanpa perlu perawatan medis. Over-the-counter obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol atau ibuprofen, dan tips perawatan diri biasanya dapat membantu meringankan gejala sakit tenggorokan tanpa perlu untuk memeriksa ke dokter umum.

Antibiotik biasanya tidak diresepkan untuk sakit tenggorokan, kecuali sangat parah atau Anda dianggap berisiko infeksi yang lebih serius.

Berapa lama sakit tenggorokan akan bertahan?

Sebuah penelitian di Inggris baru-baru ini melihat orang-orang yang memesan janji GP untuk sakit tenggorokan (mungkin orang-orang dengan gejala lebih buruk). Hasilnya ditemukan:di 50% kasus, gejala cukup buruk sakit tenggorokan telah menetap tujuh hari setelah onset penyakitdi 80% kasus, gejala cukup buruk sakit tenggorokan sudah setelah 10 hari
Periksa ke dokter jika: Anda memiliki suhu tinggi terus-menerus di atas 38 C (100.4F), yang tidak turun setelah minum obatgejala tidak membaik dalam waktu seminggu

Sangat penting untuk menyelidiki penyebab suhu Anda karena mungkin hasil dari kondisi yang lebih serius, seperti:
epiglottitis - pembengkakan dan kemerahan (radang) dari epiglotis (flap jaringan di belakang tenggorokan, di bawah lidah); jika tidak ditangani, dapat menyebabkan kesulitan bernapasquinsy - abses (kumpulan menyakitkan nanah) yang berkembang antara bagian belakang tonsil dan dinding tenggorokan, biasanya disebabkan oleh serangan tonsilitis parah

Tes darah dapat dilakukan jika dokter mencurigai Anda memiliki jenis infeksi virus yang disebut demam kelenjar (juga dikenal sebagai infeksi mononucleosis).
Hubungi dokter anda jika tenggorokan Terasa:

    
sakit parah
    
mengalami kesulitan bernapas
    
membuat suara bernada tinggi saat Anda bernapas (stridor)
    
mulai drooling
    
memiliki suara teredam
    
mengalami kesulitan menelan (disfagia) atau tidak mampu menelan cairan yang cukup

Sementara sebagian besar sakit tenggorokan dapat diobati di rumah, beberapa orang lebih berisiko daripada yang lain mengembangkan komplikasi dari sakit tenggorokan, dan mungkin memerlukan pengobatan tambahan.