Apabila Tertelan Jarum Pentul, Apa Yang Perlu Kita Lakukan?

Apabila Tertelan Jarum Pentul, Apa Yang Perlu Kita Lakukan?, jika tertelan jarum pentul apa yang harus kita lakukan?

Jarum pentul adalah salah satu barang yang wajib dipakai oleh anda yang suka memakai jilbab, jarum pentul patut dibawa serta patut dimiliki. Namun jika anda mempunyai anak yang masih memasuki fase oral, (anak umur 6 bulan sampai 1 tahun), berhati-hatilah jika menyimpan jarum pentul dirumah anda. Anak dimasa fase oral akan memasukkan semua barang ke mulut yang menurutnya menarik. Tidak terkecuali jarum pentul yang biasa dipakai oleh ibunya untuk memasang jilbabnya.

Jarum pentul mempunyai 2 sisi. Satu sisi tumpul dan satu sisinya lagi tajam. bila sisi tumpul yang berada dibawah serta sisi yang tajam berada diatas mungkin hal buruk tidak akan terjadi. namun sangat kecil kemungkinan terjadi seperti itu. Jarum pentul yang tertelan akan melalui berbagai saluran pencernaan didalam tubuh. Mulai dari mulut, kerongkongan, usus halus, lambung, usus besar, serta dibagian anus yang keluar sebagai feses.

Terapi yang dilakukan untuk menangani jarum pentul yang tertelan tergantung didalam dimana jarum tersebut ketika itu bersarang. Semakin cepat ditangani maka semakin gampang juga mengeluarkan jarum pentul dari sistem pencernaan.

Pada anak sangat susah dideteksi dengan cepat. Biasanya anak akan bercerita sesuadah ada keluhan misalnya seperti sakit perut, mual dan juga muntah.

Pemeriksaan awal yang perlu dilakukan yaitu adalah dengan foto sinar-x untuk melihat dimana letak jarum pentul tersebut disepanjang saluran pencernaan. Jika telah diketahui letak pati jarum pentul, dapat dilakukan terapi selanjutnya yaitu endoskopi. Jika jarum pentul masih ada didalam saluran pencernaan bagian atas biasanya dilakukan endoskopi dari mulut. Serta jika ada disaluran pencernaan bagian bawah biasanya dilakukan endoskopi dari dalam lubang anus.

Endoskopi merupakan suatu teknik nonbedah yang dipakai untuk nampak lebih jauh lagi area-area yang berada didalam tubuh, dengan cara memasukan sebuah alat berupa tabung yang fleksibel dilengkapi kamera kecil diujung alat itu.

Beberapa komplikasi yang mungkin terjadi apabila tidak segera dilakukan tindakan yaitu adalah peritonitis atau perdarahan dalam saluran pencernaan sebab luka akibat benda tajam. Demikian artikel yang bisa saya posting kali ini semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.