Apakah Ibu Hamil Bisa Menderita Kanker Payudara?

Kanker payudara merupakan penyakit yang berbahaya yang sering terjadi pada perempuan. Ibu hamil juga tidak luput dari ancaman terserang kanker payudara tersebut. Walaupun termasuk dalam masalah yang jarang, tetapi sebab semakin banyak perempuan yang cenderung menunda kehamilannya, maka kejadian penyakit kanker payudara pada kehamilan bisa semakin bertambah. Jika dibandingkan dengan kanker-kanker yang lainnya, kanker payudara merupakan kanker yang paling sering dijumpai pada perempuan hamil, atau menyusui, maupun dalam tahun pertama sesudah persalinan. Dalam dunia medis, masalah kesehatan tersebut disebut dengan Gestational Breast Cancer maupun Pregnancy-Associated Breast Cancer atau biasa disingkat dengan (PABC).

Apakah Ibu Hamil Bisa Menderita Kanker Payudara?, Apa ibu hamil juga bisa menderita kanker payudara?

Kanker payudara pada kehamilan sangat susah untuk dideteksi. Hal tersebut diakibatkan sebab beberapa hal, diantaranya sebagai berikut:

Perubahan Payudara Sebab Perubahan Hormon Pada Kehamilan

Ketika seorang perempuan hamil, keadaan payudaranya menjadi lebih besar, lebih padat, serta lebih gampang terasa sakit. Hal tersebut terjadi sebab pengaruh hormon kehamilan sehingga mengakibatkan deteksi kanker payudara pada perempuan hamil menjadi lebih susah. Kadang-kadang, kanker payudara baru bisa terdeteksi sesudah stadium lanjut, dan bahkan telah menyebar ke kelenjar getah bening. Terjadinya hal tersebut diakibatkan sebab deteksinya yang sangat susah.

Dalam Kehamilan, Kanker Payudara Susah Dideteksi Oleh Pemeriksaan Mamografi

Sebab faktor kehamilan, jaringan payudara perempuan menjadi lebih padat serta penuh. Jaringan payudara yang lebih padat tersebut bikin kanker payudara susah dideteksi pada pemeriksaan mamografi.

Perubahan Payudara Sama Dengan Perubahan Yang Terjadi Dalam Kehamilan

Perubahan pada payudara, misalnya seperti rasa sakit ataupun keluarnya cairan (yang terjadi sebagai keluhan awal kanker payudara), bisa dianggap sebagai tanda-tanda yang normal terjadi pada kehamilan.
Sebab kesusahan-kesusahan itulah kanker payudara pada kehamilan sering sekali terlambat dijumpai serta didiagnosa.

Oleh sebab itu, ibu hamil alangkah baiknya tidak menyepelekan perubahan-perubahan yang mengganggu pada payudara. Segera beritahukan kepada dokter supaya dokter bisa segera melakukan pemeriksaan lanjutan, misalnya seperti mamografi atau USG payudara.

Tetapi, apakah pemeriksaan mamografi itu aman bagi ibu hamil?

Pemeriksaan mamografi termasuk jenis pemeriksaan yang aman untuk ibu hamil. Jumlah radiasi kecil dan cuman terfokus pada area payudara sehingga tidak mencapai area tubuh yang lainnya. Pemeriksaan tersebut bisa mendeteksi kanker payudara pada ibu hamil. Untuk perlindungan lebih ketika melakukan pemeriksaan mamografi tersebut, suatu pelindung akan diberikan pada area perut ibu hamil.

Tetapi, jika anda tidak merasa nyaman untuk melakukan pemeriksaan tersebut, sebab para peneliti juga belum bisa menentukan efek apa yang bisa diberikan radiasi pada bayi didalam kandungan, maka anda bisa mendiskusikannya dengan dokter sehingga dokter bisa melakukan pemeriksaan USG.
Selain itu, untuk memastikan hasil pemeriksaan mamografi ataupun USG payudara, diperlukan pemeriksaan biopsi payudara.

Apakah pemeriksaan biopsi payudara aman bagi ibu hamil serta bayi didalam kandungan?
Pemeriksaan biopsi payudara biasanya dilakukan didaerah rawat jalan dengan bius lokal diarea payudara saja. sehingga tidak memberikan resiko pada bayi didalam kandungan. Selain itu juga, bila dibutuhkan ibu hamil juga bisa diberikan bius umum serta melakukan prosedur biopsi didalam ruang operasi. Ini juga cuman akan memberikan resiko yang kecil pada bayi didalam kandungan.

Tetaplah waspada terhadap kanker payudara. Apalagi bila anda mempunyai resiko yang tinggi untuk mengidap kanker payudara. sebab bila bukan kita yang harus memperhatikan kesehatan kita sendiri, siapa lagi? anda juga perlu tetap berhati-hati jangan menyepelekan penyakit yang satu ini. Demikian artikel yang dapat saya posting kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.