Cara Membedakan Benjolan Tumor Dan Penyakit Kanker Pada Payudara

Cara Membedakan Benjolan Tumor Dan Penyakit Kanker Pada Payudara, ciri-ciri membedakan benjolan tumor serta penyakit kanker pada payudara

Benjolan pada payudara sering sekali menjadi masalah yang dapat bikin perempuan tidak dapat tidur nyenyak. Masalahnya, benjolan adalah masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. pertumbuhan jaringan tidak normal ditubuh tersebut adalah pertanda yang tidak dapat diabaikan.
Benjolan tersebut sering dikatakan dengan tumor, yang terdapat pada payudara terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tumor jinak dan juga tumor ganas atau kanker.
  • Tumor Jinak Payudara
Tumor jinak biasanya bisa dikenali berupa benjolan pada daerah payudara yang pada umumnya tidak bersifat agresif. tumor bisa terus bertambah besar dalam ukuran, tetapi biasanya lebih lambat daripada jenis tumor ganas. Pertumbuhan benjolan tersebut juga bisa mengakibatkan penekanan disekeliling jaringan tubuh yang lainnya serta sakit atau pembengkakan.
  • Tumor Ganas Payudara
Beda dengan tumor jinak, tumor ganas merupakan benjolan pada payudara yang bersifat agresif serta invansif, bertumbuh "liar" merusak jaringan disekelilingnya. Benjolan umumnya bertambah besar dengan lebih cepat daripada tumor jinak. Biasanya bentuknya tidak beraturan, dengan sel-sel yang menyebar keorgan-organ tubuh lainnya yang letaknya jauh dari payudara. Dibutuhkan biopsi untuk menemtukan tingkat keparahan serta keganasan tumor ganas tersebut.

Penanganan untuk tumor jinak bervariasi tergantung pada jenis serta keparahannya. Peda dasarnya, jika suatu benjolan mempunyai potensi untuk mengakibatkan sakit serta gangguan kesehatan, maka walaupun bersifat jinak dokter akan tetap menyarankan untuk melakukan operasi pengangkatan benjolan. Hal tersebut juga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan perubahan sifat tumor jinak payudara menjadi tumor ganas.

Berikut ini beberapa contoh kondisi medis yang termasuk tumor jinak payudara yaitu adalah:
  • Mastitis.
  • Fibrosis serta kista simple payudara.
  • Hiperplasia duktal serta lobular.
  • Tumor phyllodes.
  • Fibroadenoma mammae (FAM).
Yang peling sering terjadi pada wanita muda biasanya Fibroadenoma mammae atau (FAM). Fibroadenoma mammae (FAM) adalah salah satu tumor jinak payudara yang umum terjadi pada wanita usia 20-30 tahun. ukurannya bisa bermacam-macam, mulai dari ukuran yang kecil yang tidak bisa teraba dari luar sampai yang berukuran besar dan bisa diraba dari luar. Biasanya bentuknya bulat dengan ujung yang jelas, dan bisa dibedakan dengan jaringan payudara disekelilingnya. jumlahnya bisa cuman satu sampai banyak pada satu jaringan payudara.

Benjolan Fibroadenoma tersebut bisa dikenali melewati pemeriksaan SADARI jika ukurannya lumayan besar untuk diraba, atau melewati pemeriksaan mamografi apabila ukurannya terlalu kecil serta tidak teraba pada pemeriksaan fisik.

Penanganan bagi Fibroadenoma payudara yaitu adalah dengan operasi pengangkatan tumor, khususnya jika benjolan tersu bertambah besar atau mengakibatkan perubahan bentuk payudara. Sering kali juga, benjolan baru Fibroadenoma tumbuh sesudah benjolan yang lama sudah diangkat. Hal tersebut bukan berarti terjadinya kekambuhan ataupun benojlan lama tumbuh lagi, tetapi memang terjadi pertumbuhan benjolan Fibroadenoma baru.

Untuk itu, perempuan perlu dengan rutin, rajin, serta disiplin memeriksa payudara sebagai proses skrining untuk deteksi dini. Apalagi, bila terdapat riwayat keluarga atau telah pernah mengalami benjolan payudara sebelumnya. Mungkin cuman itu artikel yang bisa saya posting kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.