Kenapa Ketika Memotong Bawang Mengeluarkan Air Mata?

Kenapa Ketika Memotong Bawang Mengeluarkan Air Mata?, mengapa ketika memotong bawang selalu mengeluarkan air mata?

Memotong bawang mungkin menjadi suatu hal yang sering dikerjakan oleh para ibu rumah tangga ketika akan memasak sesuatu. Memotong bawang kadang-kadang menjadi suatu kegiatan yang susah untuk dilakukan. Pasalnya, ketika seseorang memotong bawang, terutama bawang merah, maka orang tersebut sering sekali mengeluarkan air matanya.

Padahal, mengeluarkan air mata, misalnya seperti menangis biasanya terjadi pada saat seseorang sedang berduka atau ada hal yang menyedihkan terjadi. Namun, meskipun tidak dalam kondisi demikian, mengapa seseorang dapat mengeluarkan air matanya juga pada saat ia sedang memotong bawang?

Rupanya, ketika memotong bawang, terutama bawang merah, bawang tersebut akan melepaskan senyawa kimia yang bernama Propanethiol S oksida. Senyawa kimia yang diproduksi oleh bawang merah tersebut kemudian bercampur dengan enzim tertentu yang bisa membentuk gas sulfur. Gas itulah yang rupanya bisa mengiritasi serta mengakibatkan seseorang mengeluarkan air mata ketika seseorang sedang memotong bawang merah.

Hal tersebut biasanya dapat ditangani dengan menutup mata ketika memotong bawang merah, Tetapi menutup mata ketika memotong bawang bukanlah hal yang wajar untuk dilakukan.
Terus gimana caranya supaya anda tidak mengeluarkan air mata yang berebihan ketika memotong bawang?

Supaya ketika anda memotong bawang air mata anda tak mengalir keluar, anda dapat menyiasatinya dengan membakar lilin disekitar anda ketika anda akan memotong bawang.

Selain itu juga, anda dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan kacamata yang dapat menghalangi gas sulfur untuk mengenai mata anda secara langsung. Dan ingatlah agar untuk jangan menyentuh ataupun mengucek-ngucek mata anda dengan pada saat anda memotong bawang sebab hal tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada mata anda. Demikian artikel yang dapat saya posting kali ini mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda semua.