Pengertian Karbohidrat

Pengertian Karbohidrat, inilah pengertian karbohidrat
Karbohidrat merupakan senyawa organik yang terbentuk dari 3 unsur yaitu adalah Karbon (C), Oksigen (O), Serta Hidrogen (H). Unsur-unsur membentuk karbohidrat dengan rumus tertentu tergantung pada jenis karbohidratnya. Karbohidrat identik dengan gula. Sebab itu molekul karbohidrat sering juga disebut dengan molekul gula. Karbohidrat adalah sumber energi untuk sebagian makhluk hidup. Meskipun kalori yang diproduksi sangat kecil jika dibandingkan dengan kalori yang diproduksi protein ataupun lemak, namun sebab gampang dijumpai dan harganya juga sangat terjangkau, maka karbohidrat menjadi sumber energi yang paling populer. Selain sebagai sumber energi, karbohidrat memiliki peranan yang begitu penting dalam menentukan karakteristik bahan pangan.

Pengertian Karbohidrat

Karbohidrat juga disebut dengan hidrat arang. Karbohidrat adalah sebagai sumber energi utama dibentuk oleh tumbuhan melewati proses fotosintesis. Didalam tubuh manusia maupun hewan, karbohidrat terbentuk melewati reaksi yang terjadi dari beberapa asam amino serta gliserol lemak. Karbohidrat sebagian besar ditemui pada produk nabati misalnya seperti serealia, umbi-umbian dan lain. sebagainya. Makanan yang paling banyak mengandung karbohidrat yaitu adalah roti, nasi, singkong, mie, dan juga lain sebagainya.

Pada umumnya, digolongkan menjadi beberapa jenis, dan diantaranya yaitu adalah sebagai berikut:

1. Monosakarida Atau Gula Sederhana

yaitu adalah karbohidrat yang paling sederhana sehingga tidak bisa dihidrolisis menjadi karbohidrat jenis lainnya. Karbohidrat yang termasuk dalam kelompok monosakarida, antara lain sebagai berikut:
  • Glukosa
  • Fruktosa
  • Galaktosa, Dan lain sebagainya
2. Oligosakarida

yaitu adalah karbohidrat yang terbentuk dari 2-10 monosakarida saling berhubungan. Hubungan yang terjadi antar molekul monosakarida disebut dengan hubungan glikosida. Oligosakarida bisa dihidrolisis menjadi beberapa molekul monosakarida tergantung pada banyak molekul yang menjadi pembentuknya. Oligosakarida banyak berbagai macam jenisnya serta digolongkan berdasarkan banyaknya molekul monosakarida yang menjadi pembentuknya. Misalnya seperti:
  • Oligosakarida yang terdiri dari 2 monosakarida disebut dengan disakarida. Misalnya seperti: sukrosa, maltosa, laktosa.
  • Oligosakarida yang terdiri dari 3 monosakarida disebut juga dengan triosa. Misalnya seperti: rafinosa, maltotriosa, dan seterusnya.
3. Polisakarida

yaitu adalah karbohidrat yang terbentuk lebih dari 10 molekul monosakarida. Misalnya seperti:
  • Amilum
  • Glikogen
  • Amilosa
Nah, itulah pengertian tentang karbohidrat yang dapat saya posting pada kesempatan kali ini semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.