Friday, 15 December 2017

Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, banyak kegiatan fisik yang digantikan oleh teknologi. Mau beli makan, tinggal pesan antar. Mau pergi ke mana-mana yang dekat, tinggall pesan ojek atau taksi on/ine. Mau belanja, tinggal buka online shop. Pokoknya, ada banyak aktivitas yang seharusnya menggunakan fisik, untuk mendapatkannya, terasa jauh lebih mudah. Tadinya, pas masih kuliah (atas nama penghematan) kita masih jalan kaki ke kantin atau tempat makan terdekat. Pokoknya ke manamana masih suka naik angkutan umum yang butuh jalan kaki ke halte atau terminal.

Kamu juga masih aktif di kegiatan kampus yang membutuhkan aktivitas fisik, seperti bolak-balik antar ruang kuliah, ke ruang dosen, ruang praktik, ke kosan, dan seterusnya. makanan ke pantry kantor.

Apakah kamu tahu bahwa 3,2 juta penyebab kematian di dunia ini adalah tubuh yang tidak aktif? Apakah kamu juga tahu bahwa mereka yang di bawah 30 tahun saat ini bayak yang sudah terkena Begitu mulai bekerja, semua stroke atau serangan jantung? Selain karena pola makan yang tidak sehat, hal ini juga disebabkan karena tidak menggerakan kegiatan semakin dimanjakan dengan kecanggihan teknologi. Kantor di lantai 3, naik lift. Pergi dan pulang kantor, naik taksi, mobil, atau motor. Aktivitas fisik yang kamu lakukan hanya jalan ke toilet dari kubikel' atau mengambil minum dan tubuhnya secara aktif. Ihhh, seram, kan?

 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

"Ihh, kita udah banyak bergerak, kok! Di kantor kan banyak kegiatan!"

Kalimat di atas mungkin bisa menjadi dalih buat kita. Memang bergerak, sih, tapi bergerakan seperti apa? Kebanyakan pasti hanya menggunakan sebagian tubuh saja, berbeda dengan olahraga atau bergerak aktif.

Kalau dianalogikan, tubuh itu seperti mobil. Kalau hanya didiamkan begitu saja atau hanya dipanaskan seminggu sekali, tapi tidak dipakai jalan,pasti rusak.Tubuh pun seperti itu. Tubuh ini terdiri atas sejumlah sendi, otot,dan lainnya.Kalausemuanya tidak digerakkan secara aktif, pasti akan rusak juga.

Di usia kita yang masih tergolong muda, mungkin tidak akan terasa. Coba saja kalau kita terus beraktivitas atau bergaya hidup seperti sekarang, 10 tahun yang akan datang pasti akan merasakan dampaknya. Otot menjadi lemah, sendi kaku, badan cepat lelah, stamina rendah, bahkan bisa terkena seranganjantung,stroke,diabetes,dan aneka penyakit dalam lainnya. Nggak mau kan?

Yukk, mulai olahraga. Manfaat Olahraga Itu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Olahraga Pertama, mampu menurunkan berat badan. Hayoo, katanya mau langsing? Berolahraga secara teratur mampu membuat metabolisme tubuh meningkat sehingga lemak dan kalori yang kamu konsumsi akan terbakar. Kalau misalnya berat badan tidak turun, dengan berolahraga, postur tubuh pasti akan terlihat lebih bagus. Selain itu, kita juga akan terlihat bugar dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga. Nah, dengan postur tubuh yang baik, badan pun akan terlihat ramping.

Manfaat Olahraga kedua, mampu meningkatkan stamina. Siapa yang badannya cepat lelah kalau beraktivitas? Keletihaninidisebabkan oleh stamina yang rendah. Kalau kita berolahraga secara teratur, tubuh dilatih untuk mengeluarkan sedikit energi dalam melakukan sebuah pekerjaan. Istilahnya, tubuh mampu mengelola pengeluaran energi sehingga stamina kita pun lebih bagus.

Manfaat Olahraga ketiga, perasaan (mood) kamu akan jauh lebih baik. Olahraga membuat kita memproduksi hormon endorphin yang mampu menghasilkan perasaan bahagia dan rileks sehingga tidak terserang stres. Kita pasti sudah tahu kalau banyak penyakit yang ditimbulkan dari rasa stres. Keuntungan selanjutnya, manjauhkan kita dari segala macam penyakit. Nah, kalau yang ini sudah pasti benar!! Olahraga sangat baik untukjantung. Artinya peredaran darah lebih lancar, menstabilkan tekanan darah, dan membakar lemak berlebih yang menempel di organ tubuh. Olahraga juga membuat kita tampak awet muda, lho! Kita tidak mau kan dikira sudah berusia di atas 30, padahal baru lulus kuliah? Setelah membaca manfaat olahraga di atas, berarti sudah tahu, kan, bahwa olahraga bukan hanya untuk mereka yang mau menurunkan berat badan. Pada dasarnya mereka yang sudah kurus juga harus tetap olahraga. Untuk apa? Tentu saja benefit yang lainnya dong! Penyakit itu tidak pernah pandang berat badan, lho.

Kapan olahraganya?? Berangkat sudah pagi buta, pulang juga sudah larut malam. Sudah cape di jalan!!

Ya, bagi mereka yang baru pertama kali bekerja, alias pekerja pemula, biasanya masih lumayan sulit untuk menemukan waktu yang tepat untuk olahraga. Bagaimana kalau dimulai dengan bergerak aktif dulu? Misalnya, naik tangga ketimbang naik lift (kalau ruangan kamu berada di lantai dua dan seterusnya). Kamu juga bisa berjalan kaki saat membeli makan di kantin atau jajan di minimarket yang ada di basement kantor. Kita juga bisa bolak-balik untuk mengisi botol minum. Lumayan kan, jalan dari kubikel ke pantry?

Kalau mendaftar keanggotaan di gym atau club olahraga terasa mahal di kocek, coba deh untuk berolahraga sendiri di rumah. Ada banyak video berbagai jenis olahraga di Youtube mulai dari aerobik, yoga, pilates, dan seterusnya. Kita juga bisa mengunduh (down/aad) berbagai aplikasi olahraga di gadget, ada Nike Training Club, Yoga, dan banyak lagi. Silakan disesuaikan dengan kesukaan masing-masing. Mengenai kapan berolahraganya, coba bangun tidur lebih awal daripada biasanya. Kalau harus berangkat ke kantor jam delapan pagi, maka bangunlah jam enam. Olahraga sekitar 15-30 menit sebelum mandi, lalu berangkat. Survei membuktikan bahwa pekerja kantoran yang berolahraga sebelum ke kantor terbukti kinerjanya lebih tinggi daripada yang tidak. Mereka juga bekerja lebih efisien dan mampu mengatur waktu dengan baik. Kitapastipengenjadipekerjayang seperti itu, kan? Jadi, tidak ada alasan lagi untuk malas berolahraga, ya!
Begitulah Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Load disqus comments

0 komentar